TERPAKSA DAN TERBIASA(Pembelajaran Jarak Jauh)

PEMBELAJARAN DARING

 


Dari judulnya sudah pasti dipahami dengan mudah bukan?
Kurikulum pendidikan saat ini tidak mengalami perubahan,hanya saja metode pembelajaran nya yang berbeda dan jauh lebih kompleks dengan penggunaan teknologi informasi. Setiap proses pembelajaran pasti ada kurang lebihnya dalam pelaksanaan. Namun kembali lagi pada cita-cita bangsa Indonesia yaitu untuk mencerdaskan bangsa. Covid 19 tidak serta merta mengancam berhentinya proses pendidikan Indonesia. Pendidikan harus berjalan terus dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Semua kegiatan pembelajaran harus sinergi dengan perkembangan jaman serta teknologi infromasi yang saat ini semangkin dekat dengan kita. 

Daring.
Pembelajaran daring dengan memanfaatkan jaringan internet maupun intranet dalam proses pembelajaran. Tentunya kalian sebagai siswa pasti saat ini sudah terbiasa dengan model pembelajaran ini. Tidak sulit bagi kalian yang sudah mumpuni dalam dunia digital untuk ikut aktif dalam pembelajaran daring ini. Beberapa aplikasi android bahkan sekarang sudah familiar dan terpasang berjejer di smartphone siswa. Metode pembelajaran dengan aplikasi ini sudah mulai dipahami oleh siswa. Mulai dari google classroom,google form,zoho form,quizizz,socrative bahkan LMS sekolah. Aplikasi grup chat pun juga bervariasi, tidak hanya Whatsapp,IG ada kaizala,telegram dan lain sebagainya. Sudah disediakan berbagai macam fitur manarik tentunya. Agar guru dapat memanfaatkan semaksimal mungkin aplikasi tersebut sehingga siswa akan mudah mengakses pembelajaran. 

Tujuan utama dari pembelajaran daring ini pasti telah kalian pahami,yaitu untuk menekan penularan virus covid 19. Selain itu dengan pembelajaran daring diharapkan semua siswa akan mendapatkan materi dan pembelajaran yang sama dan adil. Pencapaian tujuan pembelajaran juga akan terlaksana dengan baik tentunya dengan kerja sama dan kolaborasi antara guru dan siswa. Respon positif siswa terhadap pola pembelajaran daring ini harus disertai informasi dan literasi yang baik. Siswa diwajibkan untuk terus mengembangkan daya imajinasi dan penalaran dalam merespon metode yang di sajikan oleh guru mata pelajaran. Tentunya perbedaan metode pada tiap mata pelajaran diharapkan mampu menambah semangat siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

Covid 19 yang sangat mengancam keselamatan dan kesehatan manusia lah yang memaksa kita semua untuk menjalani pola pembelajaran jarak jauh ini. Kewaspadaan agar tidak tertular dan menerima akibat dari terjangkitnya virus ini sangat besar. Peran pemerintah sangat diperlukan terutama dalam mendukung pelaksanaan proses dan sarana prasarana dalam pembelajaran jarak jauh ini. 
Guru berperan sebagai motivator dan fasilitator dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang interaktif. Namun kendala dan hambatan pasti muncul,baik dari siswa atau guru itu sendiri. Sehingga terkadang proses pembelajaran daring kurang menarik dan monoton. Akhirnya siswa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Demikian pula hambatan yang berasal dari siswa. Kondisi ekonomi dan perbedaan pola pikir sangat mempengaruhi kelancaran dalam proses pembelajaran. 

Berikut ini hambatan yang muncul dari siswa:
1. Siswa dirumah dituntut untuk ikut membantu orang tua mencari nafkah sehingga proses pembelajaran tidak dapat berjalan bersama antara siswa satu dengan yang lain.
2. Tingkat berfikir siswa berbeda mengakibatkan beberapa siswa terlambat untuk merespon tugas yang diberikan oleh guru.
3. Literasi yang rendah, siswa malas dalam membaca informasi dan melihat tayangan video 
4. Alternatif solusi pada siswa belum berjalan dengan baik.
5. Pendampingan yang masih belum maksimal oleh orang tua.
Serta hambatan lain yang muncul dalam proses pembelajaran daring.

Nah dari sedikit hambatan atas keterpaksaan pembelajaran daring ini,marilah kita bersama menyadari pentingnya meningkatkan pengetahuan ilmu dan teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini. Bijaklah dalam merespon perkembangan teknologi informasi supaya proses pembelajaran daring berjalan dengan baik. Bekerjasama dan saling membagikan wawasan kepada sesama teman agar tercipta kondisi yang harmonis sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Siswa wajib untuk mengembangkan literasi dan komunikasi yang baik dengan guru atau dengan teman sejawat agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Tugas kalian adalah menjawab soal dibawah ini:
1. Seberapa pentingkah literasi bagi siswa dengan proses pembelajaran daring ini?
2. Berikan pendapatmu terkait dengan proses pembelajaran daring di sekolah kita?
3. Sebutkan 1 harapan mu dalam proses pembelajaran daring ini!

Silahkan jawab pertanyaan diatas di kolom komentar dengan ketentuan
Nama:
Kelas/jur:
Jawaban
1.
2.
3.
Selamat belajar
Semangat menggapai masa depan yang lebih baik


Komentar

Postingan Populer