MEMBANGUN MOOD MENULIS

RESUME BELAJAR MENULIS 

Pertemuan Tanggal   : 29 April 2020
Pemateri                   : Dr. Uswadin,M.Pd
Waktu                       : 13.00 - 15.00
Topik                        : Membangun Mood Menulis
Peresume                  : Dwi Mulyanti,S.TP (dwimulyanti82@gmail.com)

Mengalahkan jaman adalah sebuah kelangkaan dalam kehidupan kita. Namun sangat penting kiranya kita tetap meneladani nenek moyang kita dalam bidang pendidikan. Fasilitas yang sekarang kita nikmati seharusnya bukan lagi menjadi penghalang untuk meningkatan manfaat diri untuk lebih unggul. Tidak di pungkiri bahwa setiap menit sebenarnya kita dengan tidak sadar telah menorehkan tulisan-tulisan yang mungkin saja bermanfaat untuk orang lain. Sekedar iseng merupakan salah satu alasan kita untuk memulai menulis.
Padahal sebenarnya dari coba-coba menulis hal-hal yang baik saja sudah merupakan prestasi diri yang baik. Terkadang ide menulis sangat membutuhkan energi yang luar biasa. apalagi sebagai penulis pemula. Namun semangat yang membara adalah kunci dari keberhasilan kita mengalahkan kemalasan untuk menulis sebuah cerita atau sepenggal komentar di media sosial.
Setalah rasa malas mulai memudar setidaknya akan muncul ras percaya diri untuk menulis. tidak takut untuk mencoba dan jangan menyerah dengan teknologi. Kecakapan dan kecepatan merespon IT sangat diperlukan. 
Ide dalam menulis terkadang juga datang begitu saja,tidak lupa dan jangan lengah segeralah mencari perangkat menulis sederhana mulai buku dan bolpoin atau gadget kita sendiri. Mengawali dengan mencoba membuat blog pribadi yang sangat mudah untuk kita terapkan. dari ide yang kita temukan kemudian kembangkan menjadi kalimat kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca dan lanjutkan dengan merevisi bagian-bagian yang dirasa tidak pas. Komitmen dan kuntinuitas dalam belajar menulis sangat mempengaruhi diri kita dalam mengembangkan ide atau inspirasi yang kita temukan.
Dari blog pribadi ini kita bisa membuat lebih menarik lagi dengan mempublish dalam bentuk media cetak ataupun media sosial. Teman teman disekitar kita juga dapat berpotensi menjadi pembaca yang baik. dari teman-teman kita sendiri juga dapat memberikan saran dan kritik yang membangun untuk tulisan kita.
Intinya menulis adalah mengalahkan kelemahan kita sendiri. Karena dengan enulis maka secara tidak langsung kita membagikan pengalaman kita kepada orang lain dan pasti bermanfaat bagi pembaca. Salah satu kewajiban kita juga sebagai pengajar yang dituntut selalu mengembangkan diri kita salah satunya adalah dengan menulis. Menulis juga salah satu sarana pembuka pintu ilmu pengetahuan. Membagikan dengan banyak cara agar tetap bermanfaat bagi sekeliling kita.dengan menulis maka suatu saat tulisan kita akan bisa ditemukan dan diingat oleh orang lain.
Demikian sekelumit tulisan dari saya semoga menambah semangat dan menginspirasi kita semua untuk mulai percaya diri dan menggugah jiwa kita untuk terus menulis dan menebarkan manfaat bagi semua orang. Barakallah buat kita semua.





Komentar

  1. mantap, mari belajar terus, saya juga baru belajar

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Menulislah dg apa yg kamu kerjakan, kerjakan apa yg kamu tulis = MOOD MENULIS

    BalasHapus
  4. Semangat bu, ilmu yang ibu berikan kepada kami, tidak akan pudar oleh ruang dan waktu bu, seperti halnya lemparan senyuman ibu kepada kami,
    By, mantan murid
    From, kalimatan barat,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer