MENEMBUS PENERBIT NASIONAL

KAMIS, 30 APRIL 2020
oleh Bp. AMIR FAISAL

Ditengah tengah hiruk pikuk pemerintah dalam penanganan covid 19 disertai dengan puncak kekhawatiran masyarakat hadirlah bermacam-macam tulisan. Mulai dari tulisan yang memotivasi bahkan ada yang secara tidak langsung malah justru meresahkan. Alih-alih menghibur atau membagikan kondisi dan keadaan yang saat ini terjadi. Namun justru menjadi boomerang bagi para pembaca. 
Nah, kali ini saya akan menyampaikan informasi selama mengikuti materi dari Bapak Amir Faisal selaku master trainer dan motivator nasional dalam menulis sebuah buku. Tujuan nya agar supaya kita mampu memanfaatkan waktu dirumah dengan menuangkan ide-ide positif yang akan memberikan dampak baik kepada pembaca.
Memiliki motivasi yang kuat dalam menulis adalah tonggak dari terciptanya sebuah buku. Selain itu ide ide yang akan kita tulis merupakan inspirasi dari sebuah buku. Mengumpulkan ide kemudian menuangkan ide tersebut dalam kalimat-kalimat yang sederhana dan memiliki makna. Mengalahkan diri sendiri yang malas akan pentingnya menulis juga salah satu motivasi yang kuat dalam menulis. 
Bapak/Ibu dan pembaca semua, berikut beberapa Tips yang dibagikan oleh P Amir Faisal dalam menembus Penerbit Gramedia.
1. Survei Lapangan untuk mengetahui passion kita
    Survei atau penelitian lapangan ini bisa dilakukan untuk menentukan jenis buku dan kriteria                buku yang paling laris di Gramedia, kemudian dari penelitian tersebut bisa menemukan ide ide            dari jenis-jenis buku yang paling diminati oleh pembaca. Dengan demikian penulis juga akan              memahami jenis buku yang sesuai dengan karakter atau passion .
2. Buat Quesioner
    Mencari data langsung kepada pengunjung Gramedia adalah salah satu tips yang jitu. Membuat          kuisioner sederhana dan diberikan kepada pelanggan Gramedia. Kemudian memilih isian                    kuisioneryang paling banyak diminati oleh pembaca. Genre tulisan perlu pahami agar supaya tidak      salah sasaran. Buku yang ditulis harus tepat sasaran sehingga makin memberikan motivasi                  untuk terus meningkatkan keahlian menulis.
3. Partner
    Partner disini lebih kepadaa mencari teman yang dapat mendampingi dan memberikan saran dan        kritik. Kemudian juga mencari teman yang dapat membantu menghubungkan ke penerbit.                   Memilih penerbit yang dituju untuk pemasaran buku yang telah dibuat.
4. Motivasi
   faktor pendorong terciptanya sebuah buku bukan dari orang lain, namun berasal dari diri sendiri.         Menyadari bahwa dengan menulis akan mampu memberikan inspirasi bagi orang lain serta dengan     tulisan yang dibuat akan mampu memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan atau dunia luar.
5. Marketing
   Pemasaran dari buku yang telah di buat harus tepat sasaran. dengan begitu maka tidak akan sia sia       buku yang telah di buat dan diserahkan ke penerbit. Oleh karena itu ide dan inspirasi yang baik           akan melahirkan buku yang kompeten dan diminati pasar.

Para pembaca yang diberkati Allah SWT semoga trik dan tips dari bapak Amir Faisal diatas akan memberikan inspirasi dan motivasi kita dalam menulis buku dan nantinya akan dapat diterbitkan oleh Gramedia. Marilah kita sama-sama meningkatkan kompetensi kita dibidang menulis dengan salah satunya dalah mengikuti diklat dari PGRI. Makin banyak materi yang kita serap maka motivasi diri akan makin meningkat juga. 

Jaga kesehatan
Stay at home
Work From Home
Ciptakan sebuah buku atau sekedar tulisan selama Pandemi Covid 19











Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer