Menulis Disain Pembelajaran Modern
Resume Materi Merancang Design Pembelajaran Modern
Pertemuan Tanggal : 28 April 2020
Pemateri :
Dr. Paidi,S.Pd,M.TPd
Waktu : Pukul 13.00 – 15.00 WIB
Topik :
Merancang Design Pembelajaran Modern
Peresume : Dwi
Mulyanti,S.TP (dwimulyanti82@gmail.com)
Terkadang menulis adalah sesuatu yang sulit, padahal sekecil apapun tulisan
kita itu pasti bermakna. Namun semua terkendala dengan kesungguhan dan niatan
kita untuk menjalankan segala inspirasi. Berikut ini adalah hasil resume materi
diklat yang saya ikuti.Yang kemudian memberikan motivasi kepada saya untuk
mencoba menulis.
Mendesain buku pembelajaran juga tidak perlu berisi tulisan yang rumit
karena justru pembaca kesulitan untuk menterjemahkan maknanya. Sederhana dan
mudah dipahami dan membantu siswa dalam belajar terutama selama pandemi covid 19. Pada kesempatan kali ini akan saya paparkan sedikit hasil dari kegiatan diklat saya. Tentunya bapak/ibu guru harus menyiapkan Silabus dan RPP serta materi yang terkait dengan permasalahan dikeluhkan siswa.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kita jadikan pedoman dalam proses
perancangan desain pembelajaran:
Langkah 1 adalah mengumpulkan data dan informasi dari materi yang dianggap
sulit oleh siswa.
Langkah 2 yaitu mengidentifikasi materi paling utama yang dirasa sulit oleh siswa sebagai bahan rancangan.
Langkah 3 berdasarkan data identifikasi maka kita perlu menganalisis instruksional/pembelajaran mata pelajaran yang akan kita rancang.
Langkah 4 kita sebagai guru harus mampu menggambarkan karakteristik peserta didik .yang akan menjadi target atau pemakai buku yang akan kita rancang.
Langkah 5 merumuskan tujuan instruksional atau petunjuk khusus dari buku yang akan kita rancang.
Langkah 6 melakukan penyusunan TES.
Langkah 7 membuat strategi perencanaan pembelajaran yang akan digunakan.
Langkah 8 mengembangkan dan memilih bahan instruksional yang akan digunakan yaitu dapat berupa bahan cetak atau buku atau diktat dan bahan online.
Langkah 9 setelah draft tersedia maka tahap selanjutnya adalah evaluasi one-tp-one, evaluasi small grup akan menghasilkan draft bahan pembelajaran dan setelah field trial dinamakan prototype bahan pembelajaran.
Langkah 9 adalah menyusun instrumen tes dan strategi instruksional nya
Langkah 10 melakukan evaluasi formatif
Langkah 11 merancang dan mengembangkan Evaluasi sumatif, namun pada bagian ini dapat dilakukan oleh pihak lain
Nah bapak/ibu demikian langkah-langkah dalam proses perancangan desain pembelajaran yang dapat dijadikan pedoman kita untuk menulis sebuah buku pembelajaran. semoga bermanfaat bagi kita semua.
Mantab semangat memulisnya, lanjutkan
BalasHapusTerus berkarya bunda,.
BalasHapus