KUNCI MOTIVASI GURU SEBAGAI PENGGERAK LITERASI

MERDEKA BELAJAR
Masa pandemi belum selesai,justru di daerah tertentu justru semakin naik. Bertambahnya kasus covid 19 jelas akan makin memperpanjang masa belajar dirumah. Sedangkan menurut KPAI 70 persen lebih siswa diindikasi kurang senang dengan pembelajaran online. Masalah timbul dengan seiring berjalannya pembelajaran online dalam 3 bulan terakhir. Mulai dari menumpuknya tugas guru, tidak ada nya quota dan bahkan ada daerah tertentu yang belum tersentuh dengan internet. Dengan hal tersebut maka makin banyak tantangan yang harus di selesaikan. Posisi yang begitu sulit untuk dapat adil dalam penyampaian pembelajaran. Keterlibatan guru sebagai ujung tombak sebagai pemasok sumber informasi untuk siswa.
Peran guru di tuntut untuk selalu responsif terhadap semua perubahan. Perubahan teknologi informasi dan komunikasi menjadi pusat terbentuknya generasi yang tanggap. Dimana peran motivasi guru dalam rangka pembelajaran jarak jauh? Inilah pertanyaan yang muncul, orang tua juga guru bukan...jadi tugas baru orang tua adalah menjadi guru dirumah.
Motivasi adalah dorongan semangat untuk seseorang dalam mencapai tujuannya. Maka dengan motivasi seseorang akan mengetahui proses dalam meraih kesuksesan. Biarpun kadang kegagalan menjadi musuh utama. Motivasi guru dalam konteks pendidikan adalah sebagai pendidik. Dengan 4 kompetensi guru yang melekat diharapkan guru memacu prestasi nya dalam meningkatkan wawasan dan ketrampilannya.
Salah satu jalan keluar dari penguasaan 4 kompetensi guru adalah merancang pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tentunya seorang guru juga pernah menjadi siswa kan? Nah dengan demikian hendaknya guru memiliki empati terhadap siswa nya.
Menyusun materi atau membuat narasi sebuah pembelajaran oleh seorang guru akan mampu meningkatkan eksistensi guru dalam bidang literasi.
Oleh karena nya memotivasi diri jauh lebih terasa manfaat nya,karena niat dan konsistensi dalam menuangkan semua hal ke tulisan akan menjadi alasan utama. Supaya motivasi menulis semakin meningkat jangan lupa untuk terus berkarya, tidak malu dalam berinovasi dalam menulis dan tentunya bergabung lah dengan komunitas menulis yang akan sangat membantu dalam perbaikan tulisan yang kita buat.
Menulislah walau 1 kalimat,susun dan kemudian telaten dalam menulis maka lama-lama tulisan akan banyak dengan sendirinya. Bagikan tulisan kita kepada teman-teman atau kolega kita agar apa yang kita rasakan dan alami juga dapat di jadikan petualangan yang hebat untuk orang lain. Tidak perlu khawatir, dengan kita membagikan tulisan kita baik di sosmed maupun di blog secara tidak langsung kita menerbitkan sendiri tulisan tersebut. Bangga rasanya jika tulisan kita mampu menjadi inspirasi bagi pembaca. Itu berarti hal positif telah kita tularkan secara tidak langsung. Terus lah menulis di sela-sela kesibukan kita. Jadikan waktu luang kita menorehkan banyak hal yang ada di depan mata. Apa yang dirasakan, dilihat dan di dengar dapat dijadikan sebuah cerita dalam tulisan yang efeknya sangat luar biasa. Tulisan yang mampu menginspirasi orang lain akan dikenal kemudian dicari. Siapa tau keberuntungan ada dipihak penulis pemula seperti saya tiba-tiba ada penerbit yang bersedia menerima naskah kita.
Luar biasa bukan,penuh kesabaran dan ketelatenan dalam menulis. Hal ini sama dengan saat kita akan menaiki tangga,pelan tapi pasti akan sampai keujungnya. Jangan lupa dengan jiwa pantang menyerah. Ketika tulisan kita tidak ada yang membaca atau bahkan di tolak oleh penerbit itu adalah salah satu kunci untuk pelan-pelan membuka pintu penerbit agar dapat dibuka. Oleh karenanya teruslah menulis biarpun hasilnya tidak seperti yang kita harapkan. Setidaknya kita terus berusaha untuk menulis dan bermanfaat bagi orang lain.
Kontribusi kita terhadap orang lain dalam bentuk tulisan akan selalu dikenang dan dicari.
Tujuan dan niat yang baik tentunya tidak selalu mulus dan mudah. Perlu perjuangan untuk meraih kesuksesan jadi jangan menyerah tetap berusaha sebaik mungkin demi karya kita.
Selamat berjuang penggerak literasi
Karya kita adalah bentuk motivasi diri sendiri
Komitmen dan konsistensi adalah kunci sebuah kesuksesan.


Komentar

  1. Bagus, dapat jejaring baru nih.
    Bila berkenan mampir ke http://maseko1275.blogspot.com/2020/07/kunci-produktif-menulis.html

    BalasHapus
  2. Siiip keren. Mampir ke cakinin.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Kalimat pembukanya menarik. Bahasa tulisannya mengalir...
    Keren bu 👍👍🙏🙏

    BalasHapus
  4. Weh...mantab Bu...cakep & luar biasa...pnuh inspirasi

    BalasHapus
  5. Aktual bu ...sesuai dengan situasi sekarang ..smg pandemi ini cpt berlalu

    BalasHapus
  6. Cantik tulisannya, secantik penulisnya...

    BalasHapus
  7. Betuull ibu.. kadang niat baik blm tentu dianggap baik.. Tetap memotivasi diri sendiri yg lebih kuat..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer