GURU SUMBER MOTIVASI DAN INSPIRASI

28 Juli 2020
21.08 

KEMAMPUAN GURU DALAM MANAJEMEN KELAS SEBAGAI SUMBER MOTIVASI DAN INSPIRASI BAGI PESERTA DIDIK DALAM BERWIRAUSAHA
OLEH. DWI MULYANTI,S.TP


Abstrak:
the teacher has a very extraordinary role. must be able to act as an educator and must be able to be a motivator and source of inspiration for students. teachers must have pedagogical competencies, social competencies, professional competencies and knowledge competencies. where the four competencies must synergize and be sustainable. this is an effort of a teacher to help develop the potential of students during the teaching and learning process and to prepare quality student output. good quality human resources will present a bright and dignified future.

Mengapa kita membutuhkan motivasi?
Siapa motivator penting dari sebuah perjalanan kesuksesan?
Sebagian pertanyaan diatas mungkin perlu kita gali lebih dalam. 
Kemungkinan besar motivasi itu dibutuhkan untuk sebuah kesuksesan. Tidak hanya itu bukan...
Pada kesempatan kali ini mari kita sama sama menggali potensi diri terutama seorang guru dalam memberikan motivasi kepada peserta didik nya.
Apa sih motivasi itu?
Motivasi merupakan dorongan yang timbul dari diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu kegiatan dalam mencapai tujuan tertentu.
Nah, ada beberapa elemen yang membangun sebuah motivasi yaitu:
1. Dorongan
2. Kesadaran
3. Kegiatan
4. Tujuan
Maka dapat disimpulkan bahwa,seseorang motivator dengan sadar atau tidak sadar telah memberikan dorongan atau semangat kepada orang lain untuk melakukan suatu kegiatan dalam mencapai suatu tujuan.
Inspirasi merupakan ide kreatif yang muncul dari sebuah motivasi. Dengan arti bahwa dengan adanya dorongan atau semangat maka akan timbul pola pikir kreatif sehingga lahirlah sebuah ide.
Dengan demikian,kaitan antara motivasi dan inspirasi sangat berhubungan erat dimana motivasi yang diberikan akan mampu menciptakan inspirasi bagi diri sendiri maupun orang lain.
Kemudian marilah kita kaitkan antara motivator dengan peserta didik.
Peran guru sebagai motivator dan inspirasi bagi peserta didik bukan lah hal mustahil. Karena interaksi guru dan siswa di sekolah memiliki intensitas yang lebih banyak dibandingkan dengan lingkungan luar. Bahkan dengan adanya full day justru kegiatan siswa cenderung di sekolah bersama guru dan teman-temannya. Komunikasi yang baik antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar disekolah pastinya akan sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa dalam proses respon nya terhadap apa yang dilihat dan dicontohkan oleh orang-orang disekelilingnya. Karakter guru dan siswa serta tingkat kedewasaan nya memberikan ruang yang cukup untuk mengembangkan potensi siswa. Dalam hal ini adalah potensi siswa dalam berwawasan dan meningkatkan kreatifitas nya. Guru yang berwawasan luas akan memberikan dampak dan pengalaman yang positif kepada siswa itu sendiri. Dengan demikian,hal-hal baru dan penuh inspirasi akan mampu menjadi motivator utama bagi siswa dalam perkembangan pola pikir dan penalaran nya.
Siswa perlu dimotivasi,karena pada perjalanan nya dalam proses belajar ini siswa belum mampu dengan sendiri nya menemukan ide peluang usaha. Pengalaman yang belum cukup serta dukungan dari berbagai pihak yang belum memberikan dampak positif dalam perkembangan potensi diri siswa. Oleh karena itu siswa perlu diberikan dukungan baik moral maupun spiritual dalam rangka pendekatan dalam proses belajar. Dengan pendekatan yang baik, maka siswa akan mudah untuk diberikan doktrin-doktrin positif untuk perkembangan potensi siswa dalam berwirausaha.
Bentuk dari motivasi yang diberikan guru kepada siswa tergantung konteks nya. Saya sebagai guru mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, maka saya akan memotivasi siswa untuk membuka cakrawala mengenai peluang usaha yang ada disekitarnya. Memanfaatkan momen yang tepat dalam pemilihan jenis usaha juga akan menjadi tolak ukur dalam pengembangan potensi siswa. Memberikan wacana tentang strategi dalam berwirausaha dan gambaran resiko usaha yang dapat terjadi kapanpun.

Berikut langkah-langkah yang dapat bapak ibu guru lakukan dalam merangsang respon siswa untuk mengembangkan potensi nya dalam berwirausaha selama proses pembelajaran:
1. Berilah gambaran kepada siswa bahwa berwirausaha tidak melulu menggunakan modal uang yang banyak. Artinya kita rubah mind set siswa bahwa berwirausaha dapat dilakukan dengan cara gratis tanpa modal. 
2. Membaca peluang, ajaklah siswa untuk bersama-sama menggali peluang usaha yang cukup dekat dan mudah.
3. Buatlah contoh nyata bahwa berwirausaha tidak harus bermodal banyak. Memanfaatkan situasi pandemi ini cukup dengan menggunakan transaksi dari smartphone dan cerdas dalam bersosmed.
4. Perbanyak membaca atau literasi tentang informasi peluang usaha. Sehingga akan membangkitkan inovasi bagi siswa. 
5. Mengajak siswa untuk berperan aktif dalam wirausaha di sekolah. Memberi kesempatan siswa mengaktualisasikan potensi diri dalam berwirausaha
6. Jangan lupa menyiapkan reward bagi siswa yang dengan pantang menyerah membuka lapangan kerja untuk dirinya sendiri.
7. Membawa siswa membuat rencana usaha kecil yang mereka impikan.
8. Guru jangan segan untuk membantu siswa membangun kepercayaan diri dengan memberi pujian atau membeli produk yang ditawarkan oleh siswa.
9. Jangan hanya nasehat,tapi guru juga harus berperan memberikan contoh konkrit bahwa wirausaha itu adalah kebanggaan,tentunya guru juga memiliki paling tidak 1 jenis usaha untuk memotivasi siswa.
10. Semua orang berhak untuk mengembangkan potensi diri jadi guru harus selalu mendorong siswa bahwa mendapatkan income bagi diri sendiri adalah bentuk dari sebuah usaha mulia.
11. Guru ikut berperan aktif mewadahi kegiatan siswa dalam berwirausaha. Contohnya : Mengadakan event khusus produk kreatif siswa baik di dalam kelas atau dengan berinteraksi dengan lingkungan sekolah.
12. Membangun sikap pantang menyerah terhadap segala resiko yang akan terjadi selama berwirausaha. Dalam hal ini guru memberikan deskripsi terkait dengan resiko usaha. Dimana resiko usaha tidak dapat dihilangkan namun hanya dapat diminimalisir. 

Masih banyak lagi hal-hal yang bisa di manfaat kan oleh guru dalam merangsang siswa berwirausaha. Yang penting potensi siswa dalam wirausaha harus terus ditingkatkan. Hal ini bertujuan untuk membuka lapangan kerja baru kelak jika peserta didik lulus. Selain dapat meningkatkan perekonomian dan kemandirian, wirausaha juga mampu membuka lapangan kerja baru yang lebih efektif dan menguntungkan bagi pemerintah dalam rangka mengurangi pengangguran.

Banyak sekali bukan manfaat motivasi berwirausaha untuk siswa. Hal ini lah yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan oleh semua guru. Memberikan motivasi agar siswa bersemangat dalam mencapai tujuan dan cita-cita nya. Dengan motivasi maka akan timbul niat dan komitment dalam menjalankan sebuah usaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Demikianlah secuil berbagi pengalaman tentang peran Seorang Guru yang memberikan motivasi kepada siswa namun akan berdampak sangat besar bagi masa depan generasi Y dan Z saat ini. Semoga menginspirasi semua pembaca blog saya.
Saya haturkan terimakasih dan krisan nya akan bermanfaat bagi tulisan saya kedepan.

Jadilah inspirasi buat diri sendiri kemudian motivasilah orang lain untuk melangkah ke masa depan yang lebih baik.

Terimakasih







Komentar

  1. Salam kenal bu...maaf ini postingan terbaru ya bun kok sudah tgl 28 Juli? Kayak klru input tanggal.
    Bu..sebisa mungkin paragrafnya jgn kepanjangan...he he. maaf sama 2 belajar.

    BalasHapus
  2. Dhewa aji Wicaksono
    XIITKRO1
    Sebagai siswa, dengan motivasi dari bapak ibu guru berikan akan menjadi penyemangat atau dorongan untuk menjadi lebih baik dan terarah. Mungkin juga merubah cara berpikir saya untuk terus berkarya dan berkembang. menjadikan saya trus berusaha menjadi mandiri, dan berwirausaha untuk memanfaatkan waktu belajar di rumah saat ini, dan juga untuk bekal setelah lulus nanti sehingga tidak hanya mempunyai usaha sendiri namun juga dapat membuat lapangan pekerjaan untuk orang lain. Dan saya berharap agar bapak ibu guru terus membimbing, memotivasi dan memberi saran agar saya menjadi lebih baik kedepannya.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  3. Mohamad bagus mubaihaqi
    XII Tkro 1
    Menurut saya motivasi ini sangat bagus,karena motivasi ini membuat saya memiliki tujuan dan inspirasi untuk perkembangan berwirausaha saya,dan semoga saya bisa lebih baik lagi kedepan nya
    Terima kasih

    BalasHapus
  4. M IFAN RAMADHAN
    X11 TKRO1
    Motivasi ini menurut saya sangat lah penting buat siswa karena dengan memberikan motivasi ini siswa dapat lebih semangat untuk meraih cita " nya dan motivasi ini membuat saya sangat lah berharga untuk masa depan saya untuk meraih kesuksesan. dan saya berharap kedepan nya saya bisa meraih kesusksesan
    TERIMAKASIH

    BalasHapus
  5. ATHFI CAHYA SORIFQI
    XII TKRO 1
    Menurut saya motivasi itu juga penting jadi guru tidak hanya mengajarkan mata pelajaran saja harusnya bisa menyelipkan motivasi sebelum atau sesudah pelajaran

    BalasHapus
  6. Dicky rian renaldo
    XII ATUG 4
    motivasi sangat perlu di berikan pada siswa sebagai sarana pendekatan dari guru ke siswa dan motivasi bagi siswa sediri adalah suatu kata"penyemangat untuk meraih sesuatu yang di inginkan baik untuk masa depan yg cerah

    BalasHapus
  7. REZA PANDU KUSUMA
    XII TKRO 1
    Menurut saya motivasi guru sangat penting bagi murid-murid nya, karena dapat mendorong anak didiknya untuk lebih berfikir maju, dan selalu optimis dalam mengikuti berbagai pelajaran, juga dapat membuat anak didik menjadi lebih bisa memahami cara-cara menggapai keberhasilannya.

    BalasHapus
  8. Rionda Nur Yustisia
    XII TKRO 1
    Motivasi guru terhadap murid sangatlah penting karena bisa mendorong atau menyemangati murid dalam proses pembelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan untuk mencapai tujuan murid itu sendiri , contohnya untuk meraih cita - cita nya .

      Hapus
  9. Nama:Yenrahmano
    Kelas:XII TKR 1

    Motivasi guru itu sangat berpengaruh karena guru juga termasuk acuaan dalam menggapai cita cita dan motifasi tersebut membuat anak didik menjadi lebih kreatif dalam mengenali usaha

    BalasHapus
  10. FANDRY EKO WIRAWAN
    XII TKRO 1
    Sebagai siswa tentu motivasi dari bapak ibu guru sangat lah penting dan perlu di berikan agar siswa menjadi semangat dan petuah petuah penting dalam kehidupan karena dapat buat bekal di masa depan, motivasi guru sangat penting karena mendorong siswa nya berpikir kreatif, inovatif dan dapat mengembangkan ide ide yang cemerlang yang membuat siswa termotivasi dan bisa mandiri, berkembang,giat belajar dan siap bekerja,motivasi di perlukan oleh siswa karena motivasi berperan penting untuk masa depan. Motivasi bukan lah motivasi pelajaran tetapi juga tentang hidup di masyarakat jadi dapat menjadi bekal dewasa nanti, motivasi akan di kenang selamanya dan juga dapat jadi bekal di masa depan,entah bekerja, wirausaha, bahkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang penting optimis kerja keras dan belajar giat itu kah buah motivasi dan inspirasi untuk masa depan yang cerah dan sukses.
    Thanks you

    BalasHapus
  11. FLEZERICO ANGGIEANTO
    XII TKR 1
    Saya sangat senang membaca motivasi ini karena motivasi ini membua saya memiliki tujuan untuk berwirausaha yang lebih baik lagi dann juga bisa mendoro saya untuk lebih bisa mengembangkan usaha

    BalasHapus
  12. DELA AMELIA PUTRI
    XII ATUG 4
    Sebagai siswa, dengan motivasi dari bapak ibu guru yang di berikan akan menjadi penyemangat atau dorongan untuk menjadi lebih baik dan terarah, karena dpat mendorong anak didiknya untuk lebih berfikir maju dan selalu optimis dalam mengikuti berbagai pelajaran.

    BalasHapus
  13. M YAFI KAFA
    XI TKRO 1
    motifasi yg diberikan patut diapresiasi jempol,karena sangat berpengaruh bagi siswa siswi untuk menjadi dorongan supaya lebih giat belajar&lebih disiplin,motifasi diatas juga sangat berguna untuk masadepan kita apabila kita sudah lulus &memulai terjun ke dunia kerja ,terimakasih.

    BalasHapus
  14. Prayogo prastyo
    XII tkro 1
    Menurut saya motivasi itu penting karena biar murid lebih percaya diri atas kerja keras nya dan buat inspirasi

    BalasHapus
  15. Jefri Irfansyah
    XII TKRO 1
    Menurut saya tentang blog ini yaitu sangat bagus dan membantu inspirasi kami para siswa dan siswi SMKN 1 Kademangan dll yang membaca blog ini dikarenakan blog ini sangat menginspirasi dan memotivasi terutama diri saya sendiri dan sangat bermanfaat juga dapat menambah ilmu serta wawasan kita terhadap pendidikan.Thanks

    BalasHapus
  16. Asslaualaikum .wr.wb .
    Nama ; RIZKY PUTRO UTOMO
    Kelas ; XI TKRO 1
    Menurut sayaa , motifasi sangat penting , tidak hanyaa dari seorang guru , dari orang lain pun juga penting , karna motifasi akan membngun sbuah keinginan , tujuan , dll .
    Dan slain itu , Motifasi juga butuh motifator , dan motifator dulunya juga pernah di motifasi . sehingga bekall kemaun ada dan membngun kerja keras untuk meraih keinginan , dan cita - cita dari seseorang .
    Sekian trimaksih .
    Wassalamualaikum . wr.wb.

    BalasHapus
  17. Nama : Yanuar khoiru rizki
    Kelas :XII TKRO 1
    Menurut saya motivasi itu sangat lah penting bukan hanya motivasi di sekolah di rumah atau di kegiatan lain karena dengan kita mendengarkan motivasi seseorang dengan pengalaman hidupya atau kisah kisah yang positif kita bisa berpikir lebih kedepan lagi dengan apa yang kita inginkan nanti jadi ibarat kita mau berjalan tetapi ada jalan yang bercabang kita bisa memilih jalan yang benar,jalan yang bisa menuntun kita ke tujuan yang di cita-cita kan, dan selalu menghargai pendapat ataupun solusi orang lain dan menjadi pendengar yang baik.

    BalasHapus
  18. Nama : WAHYU FEBRIANSYAH
    Kelas. : XII TKR 1

    Menurut saya motivasi itu sangat penting bagi semua siswa bahkan semua orang,motivasi sangatlah membantu bagi murid,murid jadi terinspirasi dan percaya diri pada apa yang telah dilakukan

    BalasHapus
  19. Nama":Putri Lestari
    Kelas:XII Atug 4
    Saya merasa dengan adanya motivasi dari bapak ibu guru untuk mengembangkan wirausaha sangat lah penting karena kedepannya kita sebagai anak SMKN 1 KADEMANGAN harus bisa berwirausaha seperti motivasi yang telah diberikan kepada kita,
    Dan dengan adanya motivasi tersebut sangat lah membantu menumbuhkan semangat kita untuk kedepannya bisa berwirausaha dan menjadi orang sukses.
    Saya ucapkan terimakasih untuk motivasi yang telah diberikan.

    BalasHapus
  20. Nama : CHOIRUL ANAM
    Kelas : XIIATUG4

    Menurut saya motivasi dari seorang guru sangatlah penting karena itu sangat membantu semangat bagi siswa untuk menggapai apa yg ingin di capai dan menjadi percaya diri dalam melakukan segala hal

    BalasHapus

  21. RIKO SARIANTO.
    XII TKRO1
    menurut saya blog tentang motivasi ini sangat bagus karena dari motivasi kita bisa memilih kejalan yang lebih baik kerana dari motivasi akan mencul inspirasi yang bisa membuat kita percaya diri untuk mengeluarkan ide-ide kreatif tanpa kita sadari menutut kita kejaln yg baik dan sukses.terutama motivasi yang dari guru kewirausahaan bisa menginspirasi kita untuk berwirausaha dengan Bagus dan bisa menfaatkan kondisi yang berada terutama saat pademi ini untuk mengeluar kan ide kreatif buat mencukupi perekonomian melalu berwirausaha

    BalasHapus
  22. DEDY JAYA PRATAMA.
    XII TKRO1
    menurut saya motivasi kasi ini sangat penting dan berguna bagi saya untuk menambah rasa semangat dan percaya diri bagi siswa.untuk siswa bisa melangkah ke depan dengan percaya diri.

    BalasHapus
  23. BAYU PRASETYO
    XII TKRO 1
    Menurut saya motivasi ini sangat berguna bagi saya atau mungkin semua orang.karena dengan motivasi ini bisa membuat saya lebih bersemangat untuk mencapai kesuksesan yang saya impikan di masa depan

    BalasHapus
  24. MOHAMAD ARENDRA
    XII TKRO 1
    Menurut saya motivasi itu sangat penting karena bisa membangkitkan semangat untuk mencapai tujuan.

    BalasHapus
  25. MELISA CAHYA APRILIA
    XII ATUG 4
    Sebagai siswa, Motivasi begitu penting mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu dengan sepenuh tenaga, untuk menciptakan ide dan strategi yang lebih bagus saat bekerja.

    BalasHapus
  26. Nama : Niken Nurista Sari
    Kelas : XII ATUG 4
    Dengan adanya motivasi dan dukungan dari Bapak dan Ibu Guru, siswa dapat berfikir untuk membuat ide baru yang dapat dikembangkan menjadi usaha besar, dan untuk situasi seperti pandemi ini, siswa harus pandai-pandai mengatur sebuah ide yang tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Untuk itu peran motivator dalam memotivasi seseorang sangatlah penting, agar siswa tersebut tidak salah mengambil keputusan.
    Terimakasih

    BalasHapus
  27. Nama:Mohamad Teguh
    Kelas : XIIATUG4
    Motivasi sangatlah penting karena akan menentukan pemikiran siswa
    dalam menghadapi persoalan di masa
    yang akan datang yang sangat berpengaruh pada masa depan siswa.
    Oleh dari itu siswa seharusnya sangat berterima kasih pada guru yang telah
    memberikan motivasi pada nya.

    BalasHapus
  28. Nama:Mohamad Teguh
    Kelas : XIIATUG4
    Motivasi sangatlah penting karena akan menentukan pemikiran siswa
    dalam menghadapi persoalan di masa
    yang akan datang yang sangat berpengaruh pada masa depan siswa.
    Oleh dari itu siswa seharusnya sangat berterima kasih pada guru yang telah
    memberikan motivasi pada nya.

    BalasHapus
  29. Nama:Linda putri wulandari
    Kls:XIIATUG4

    Saya sangat Berterimakasih atas motifasi yang telah diberikan karna Motivasi usaha merupakan salah satu pendorong tumbuh kembangnya jiwa wirausaha seseorang. Kesuksesan seseorang seringkali disertai dengan motivasinya yang kuat dalam menjalakan setiap usaha yang dijalaninya.Motivasi adalah kunci yang akan membuka potensi bagi siswa siswi.Tanpa motivasi,sedahsyat apapun potensi yang dimiliki tidak mampu untuk merubah menjadi kemampuan yang maha dahsyat.

    BalasHapus
  30. menurut saya blog tentang motivasi ini sangat bagus karena dari motivasi kita bisa memilih kejalan yang lebih baik kerana dari motivasi akan mencul inspirasi yang bisa membuat kita percaya diri untuk mengeluarkan ide-ide kreatif tanpa kita sadari menutut kita kejaln yg baik dan sukses.terutama motivasi yang dari guru kewirausahaan bisa menginspirasi kita untuk berwirausaha dengan Bagus dan bisa menfaatkan kondisi yang berada terutama saat pademi ini untuk mengeluar kan ide kreatif buat mencukupi perekonomian melalu berwirausaha

    BalasHapus
  31. Nama=mohammad rifai al habsi
    Kelas=XII ATUG 4

    menurut saya blog tentang motivasi ini sangat bagus karena dari motivasi kita bisa memilih kejalan yang lebih baik kerana dari motivasi akan mencul inspirasi yang bisa membuat kita percaya diri untuk mengeluarkan ide-ide kreatif tanpa kita sadari menutut kita kejaln yg baik dan sukses.terutama motivasi yang dari guru kewirausahaan bisa menginspirasi kita untuk berwirausaha dengan Bagus dan bisa menfaatkan kondisi yang berada terutama saat pademi ini untuk mengeluar kan ide kreatif buat mencukupi perekonomian melalu berwirausaha

    BalasHapus
  32. Deny Setyawan
    XII TKRO 1
    Sangat bagus, karena Bapak Ibu Guru bisa memberikan motivasi yang positif terhadap muridnya. Tidak hanya memberi motivasi tapi juga memberi dorongan, wawasan yang luas dan juga cara membaca peluang usaha. Semoga kedepannya bisa bermanfaat untuk membangun semangat dan percaya diri pada muridnya untuk membangun usaha atau cita cita yang diinginkannya.

    BalasHapus
  33. Deny Setyawan
    XII TKRO 1
    Sangat bagus, karena Bapak Ibu Guru bisa memberikan motivasi yang positif terhadap muridnya. Tidak hanya memberi motivasi tapi juga memberi dorongan, wawasan yang luas dan juga cara membaca peluang usaha. Semoga kedepannya bisa bermanfaat untuk membangun semangat dan percaya diri pada muridnya untuk membangun usaha atau cita cita yang diinginkannya.

    BalasHapus
  34. Abiyyu Amirulzah Prasetya
    XII TKRO1
    Menurut saya Motivasi tersebut sangat bagus karena mendorong siswa untuk belajar mandiri dan maju untuk berwirausaha karena pengusaha sukses selalu memiliki motivasi dan niat untuk berkembang maju dan juga harus berani, disiplin,dan bertanggung jawab dalam menjalankannya.

    BalasHapus
  35. Muhammad ibnu haris
    XII TKRO 1
    Menurut saya motivasi guru sangat penting bagi murid-murid nya, karena dapat mendorong anak didiknya untuk lebih berfikir maju, dan selalu optimis dalam mengikuti berbagai pelajaran, juga dapat membuat anak didik menjadi lebih bisa memahami cara-cara menggapai keberhasilannya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer