MENERBITKAN BUKU




MENERBITKAN BUKU

OLEH DWI MULYANTI,S.TP

JUMAT,5 JUNI 2020


Bagaimana berproses dalam menrbitkan buku. Banyak sekali tentunya pengalaman sebagai penulis. Terus berusaha dan terus belajar dalam menulis buku. Makin mengembangkan pengetahuan dan mau membaca buku-buku lain yang akan menjadi inspurasi kita dalam menulis. Tidaak takut untuk dikritik dan diberikan masukkan, itulah intinya agar seorang penulis mampu mengembangkan dirinya. Memberikan semangat pada diri sendiri dan tidak mudah pantang menyerah. Terus memacu diri untuk menjadi lebih baik dari tulian-tulisan sebelumnya. Tidak cukup itu saja, komitmen yang kuat dan motivasi orang-orang disekitar adalah hal yang sangat membantu pengembangan diri seorang penulis.
Hanya dengan membaca buku orang lain, bisa jadi menjadi inspirasi yang sangat luar biasa. Memulai dengan menulis buku ajar sendiri adalah salah satu langkah yang sangat luar biasa. Menuliskan materi mata pelajaran yang diampu adalah hal yang bisa kita jadikan awal dari menulis. Menyisipkan ide-ide yang kita kembangkan dari materi yang sudah ada menjadi lebih luas maknanya dan mudah dipahami oleh pembaca. Dengan buku ajar maka siswa maupun guru lain dapat memanfaatkan tulisan kita sebagai penunjang dari kegiatan belajar mengajar. Proses menerbitkn dapat dicetak sendiri untuk kalangan sendiri atau di share di blog guru. Kemudian selain materi, guru juga dapat menyusun berbagai bahan ajar lain yang relevan sesuai dengan kompetensi nya.
Buku yang disusun juga perlu disesuaikan dengan keinginan penerbit. Karena kita sebagai pemula yang perlu mengetahui minat baca dari pelanggan serta jenis buku yang paling banyak pembelinya. Dengan demikian kita bisa menyesuaikan jenis dan isi buku yang akan kita susun. Selanjutnya tema dan sasaran dari naskah yang akan kita buat juga harus jelas. Banyak jenis-jenis buku yang diterbitkan bahkan menjadi juara. Dri sanalah kita harus banyak belajar dan menyesuaikan diri. Penerbit juga tidak serta merta menerbitkan dan pasti ada proses panjang nya.
Kenali karakter tulisan kita sendiri supaya dengan mudah penerbit menemukan tulian yang saat ini paling di cari. Naskah buku yang kita buat juga disesuaikan dengan karakter dan target yang kita tuju.



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer