BLOG PRIBADI


MEMBUAT BLOG ANDA MENJADI BANYAK PENGUNJUNGNYA



SELASA, 19 MEI 2020

Banyak jalan menuju sukses, salah satunya adalah dengan menulis. Menulis diibaratkan menorehkan tinta pada kertas putih yang tak akan bisa hilang. Meninggalkan jejak sejarah untuk dapat kembali di temukan oleh generasi berikutnya. Waktu yang lebih banyak saat bekerja di rumah ini diharapkan mampu mengasah kreatifitas dan inovasi. Banyak hal yang dapat di dalami dan peroleh jika mau membuka diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Sisi positif dari dampak covid 19 justru harus menjadi motivasi utama untuk makin meningkatkan pengembangan diri,kompetensi pedagogik dengan baik. Salah satunya adalah menulis di blog pribadi, bisa dengan bantuan Platform Blogger atau Wordpress.

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk memulai menjadi bloger. Mengawali dengan menulis dan analisis lain yang terkait dengan hasil karya yang akan publish di blog pribadi.
Kita awali dengan menulis blog dengan tulisan sederhana, berikut tips megawali menulis dengan cara mudah.
- Saat membuat paragraf persingkat hingga 3 kalimat.
- Buat kalimat hingga maksimal 17 kata.
- Potong kata-kata  menjadi kalimat yang lebih pendek jika Anda bisa.
- Terkadang, paragraf satu kalimat itu mengagumkan.
- Kiat penulisan sederhana: Semakin banyak titik, semakin sedikit koma.
- Hubungkan ke kalimat sebelumnya.
- Tautan ke kalimat berikut.
- Hilangkan segala sesuatu yang menambah kebingungan.
- Tambahkan detail berwarna-warni -- beragam.
- Hapus kata-kata yang tidak perlu.
Setelah kita memahami tahapan diatas,saatnya memfukoskan diri untuk menentukan sasaran atau target dari tulisan. Naskah tulisan yang dibuat tentunya disesuaikan dengan targetnya, apakah itu untuk anak-anak, remaja, dewasa atau manula. Tujuannya supaya pesan dan kesan dari sebuah tulisan dipahami oleh pembaca. Bahasa dan kalimatnya juga pasti akan berbeda untuk masing-masing target. Alur dari sebuah naskah tulisan juga perlu diperhatikan. Untuk memudahkan pembaca dalam mengimajinasikan tulisan yang dibaca. Naskah tulisan yang dibuat disesuaikan dengan passion dari penulis. Namun demikian seorang penulis juga harus terus terbuka dengan dinamika perubahan yang makin modern. Hal ini agar penulis memiliki komitmen yang baik terkait tujuan menulis untuk memberikan motivasi dan dampak positif bagi pembaca.


Naskah tulisan yang sudah disusun dengan baik tentunya memiliki ide pokok yang menyiratkan sebuah pesan dan kesan yang sangat baik. Dengan ide pokok maka baik pembaca dan penulis akan mendapatkan kepuasan sendiri dan mempresentasikan tulisan. Dari 1 ide pokok akan dapat dikembagkan sehingga menjadi kalimat-kalimat yang tersusun menjadi alinea dan paragraf. Ide pokok sebuah naskah tulisan dapat diletakkan dimana saja. Yang terpenting adalah pembaca memahami alur dan fokus pada pesanyang disampaikan oleh penulis. Penggunaan kata sambung ayang baik juga mempengaruhi hasil dari sebuah naskan tulisan. Dapat pula disertai dengan ilustrasi yang dapat mengurangi tingkat kebosanan dari pembaca. Pembaca yang penasaran dan larut dengan naskah tulisan mengisyaratkan bahwa tulisan dinikmati oleh pembaca. Gambaran yang jelas mengenai alur dan ide pokok dari sebuah tulisan akan memberikan dampak positif bagi penulis,dan pembaca juga.


Mulailah menulis walaupun 1 kalimat atau 1 alinea di blog pribadi. Disertai dengan gambar atau ilustrasi yang mudah dipahami oleh pembaca. Jika tulisan kita mampu membuat orang lain tertarik,maka tulisan akan selalu dinantikan bahkan dicari oleh pembaca. Tetap semangat menulis jangan patah semangat. Sisakan sedikit waktu untuk sekedar menulis hal-hal yang kita temui di sekitar kita. Pengalaman akan sangat berharga jika dibagikan,sehingga para pembaca dapat memperoleh sisi positif dari naskah tulisan tersebut.


Semangat menulis
Dengan menulis maka jejak kita alan menjadi sejarah baru

Komentar

Postingan Populer