MENDADAK MELEK IT

MENDADAK MELEK IT

Senin, 4 Mei 2020

Oleh James F Tomasouw


Pendidikan Indonesia pada saat ini mengalami transisi dari pendidikan berbasis konvesional ke pendidikan berbasis ICT (Information Communication and Technology). ICT (Information Communication and Technology), adalah sistem pendidikan atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan informasi data menjadi sebuah informasi. Menurut UNESCO (2003) ada 4 level dalam ICT yaitu: Emerging, Applying, Integrating dan Transforming dimana Indonesia masih berada di level Applying yaitu level tahap Learning to used ICT atau tahap belajar menggunakan ICT.
Dari informasi tersebut dapat disimpulkan bahwa diharapkan segala sesuatu yang selama ini dilaksanakan secara manual dan bahkan portofolio berubah pelan-pelan menjadi sekumpulan data yang nantinya akan mudah diakses dimanapun dan kapanpun menggunakan aplikasi yang telah tersedia. Hal ini seiring dengan makin berkembangnya teknologi informasi yang merambah hampir seluruh pelosok tanah air. Perkembangan peradapan yang terus menerus akan makin membaik didukung motivasi dari pemerintah.
Teknologi informasi ini memiliki manfaat yaitu:
1.      Sebagai sumber yang dapat dimanfaatkan untuk sumber informasi dan untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
2.      Sebagai media atau alat bantu yang memfasilitasi penyampaian suatu informasi agar dapat diterima dan dimengerti dengan mudah.
3.      Sebagai pengembang ketrampilan pembelajaran, pengembangan berbasis teknologi informasi dengan aplikasi dalam kurikulum pendidikan nasional.
Strategi menuju Pendidikan era 4.O adalah dengan meningkatkan smart teaching, smart learning, smart management dan smart operation. Tentunya hal tersebut didukung oleh infrastruktur yang memadai, SDM yang mumpuni, Konten yang bermanfaat, Kebijakan yang selaras dengan kurikulum pendidikan dan Budaya Indonesia yag multi kultural. Dimana pendidikan di sesuaikan dengan karakter peserta didik.
Dalam aplikasinya, strategi pendidikan di era 4.O guru dituntut untuk mensinergikan Kompetensi dasar yang meliputi :
a.      Mengoperasikan komputer
b.      Mempunyai elektronic learning management system (LMS)
c.       Membuat bahan ajar multimedia
d.      Berperan sebagaifasilitator
e.      Memiliki sertifikat IT

Kesimpulan
Dukungan dari semua pihak dalam pengembangan ICT di Indonesia sangat diperlukan. Keselarasan dan sinergi yang saling terkait adalah motivasi terkuat dalam pengembangan ICT menuju level lebih tinggi. Sehingga nantinya perubahan Informasi dan Teknologi yang diterapkan di dunia pendidikan akan bermanfaat untuk kemajuan bangsa Indonesia. Guru tidak akan tergantikan oleh teknologi,namun jika guru tidak mau berusaha belajar dan menggunakan teknologi maka perannya akan tergantikan oleh teknologi yang sedang berkembang di era saat ini.

Komentar

Postingan Populer