MENDADAK MELEK IT
MENDADAK MELEK IT
Senin, 4 Mei 2020
Oleh James F Tomasouw
Pendidikan Indonesia pada saat ini mengalami transisi dari
pendidikan berbasis konvesional ke pendidikan berbasis ICT (Information Communication and Technology). ICT (Information Communication and Technology),
adalah sistem pendidikan atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan
waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan
menyampaikan informasi data menjadi sebuah informasi. Menurut UNESCO (2003) ada
4 level dalam ICT yaitu: Emerging,
Applying, Integrating dan Transforming dimana Indonesia masih berada di
level Applying yaitu level tahap Learning to used ICT atau tahap belajar
menggunakan ICT.
Dari informasi tersebut dapat disimpulkan bahwa diharapkan
segala sesuatu yang selama ini dilaksanakan secara manual dan bahkan portofolio
berubah pelan-pelan menjadi sekumpulan data yang nantinya akan mudah diakses
dimanapun dan kapanpun menggunakan aplikasi yang telah tersedia. Hal ini
seiring dengan makin berkembangnya teknologi informasi yang merambah hampir
seluruh pelosok tanah air. Perkembangan peradapan yang terus menerus akan makin
membaik didukung motivasi dari pemerintah.
Teknologi
informasi ini memiliki manfaat yaitu:
1. Sebagai sumber yang dapat
dimanfaatkan untuk sumber informasi dan untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
2. Sebagai media atau alat bantu yang
memfasilitasi penyampaian suatu informasi agar dapat diterima dan dimengerti
dengan mudah.
3. Sebagai pengembang ketrampilan
pembelajaran, pengembangan berbasis teknologi informasi dengan aplikasi dalam
kurikulum pendidikan nasional.
Strategi menuju Pendidikan era 4.O adalah dengan meningkatkan
smart teaching, smart learning, smart management dan smart operation. Tentunya
hal tersebut didukung oleh infrastruktur yang memadai, SDM yang mumpuni, Konten
yang bermanfaat, Kebijakan yang selaras dengan kurikulum pendidikan dan Budaya
Indonesia yag multi kultural. Dimana pendidikan di sesuaikan dengan karakter
peserta didik.
Dalam
aplikasinya, strategi pendidikan di era 4.O guru dituntut untuk mensinergikan
Kompetensi dasar yang meliputi :
a. Mengoperasikan komputer
b. Mempunyai elektronic learning
management system (LMS)
c. Membuat bahan ajar multimedia
d. Berperan sebagaifasilitator
e. Memiliki sertifikat IT
Kesimpulan
Dukungan
dari semua pihak dalam pengembangan ICT di Indonesia sangat diperlukan.
Keselarasan dan sinergi yang saling terkait adalah motivasi terkuat dalam
pengembangan ICT menuju level lebih tinggi. Sehingga nantinya perubahan
Informasi dan Teknologi yang diterapkan di dunia pendidikan akan bermanfaat
untuk kemajuan bangsa Indonesia. Guru tidak akan tergantikan oleh
teknologi,namun jika guru tidak mau berusaha belajar dan menggunakan teknologi
maka perannya akan tergantikan oleh teknologi yang sedang berkembang di era
saat ini.
Komentar
Posting Komentar