SIARAN TV EDUKASI


MEMBUAT SIARAN TELEVISI PENDIDIKAN 
DENGAN APPLIKASI DI HP


JUMAT, 22 MEI 2020



Covid 19 telah memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Metode-metode dan pola pembelajaran jarak jauh berlomba-lomba digunakan demi tetap berlanjutnya pendidikan selama pandemi covid 19 ini. Pembelajaran virtual telah merambah negeri,dari kota-kota besar sampai kepedesaan. Dukungan layanan internet juga menjadi salah satu tonggakl keberhasilan dari pembelajaran jarak jauh. Tidak dapat dipungkiri bahwa tidak seluruh pelosok negeri ini terjangkau dengan menggunakan metode jarak jauh menggunakan internet. Dan tidak semua masyarakat memiliki akses terhadap kecanggihan Hp.
Keterbatasan ekonomi juga sangat mempengaruhi,sehingga pembelajaran jarak jauh tidak mampu menjangkau seluruh siswa. Sehingga guru harus pandai dan cerdas dalam mengatasi hal ini. Supaya pembelajaran tetap berjalan dan siswa mendapatkanhak belajar selama dirumah.
Pada kesempatan kali ini,akan dibahas metode pembelajaran virtual dengan memanfaatkan aplikasi di hp. Dengan metode ini diharapkan guru tetap mampu melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan siswanya. Membuat pembelajaran yang menyenangkan dan dapat diterima oleh siswa adalah hal yang tidak mudah. Karena guru harus memetakan siswa terlebih dahulu untuk mengetahui metode atau pola pembelajaran yang tepat untuk disampaikan ke siswa.
Dengan membuat rekaman video,maka guru dengan mudah menggunakan aplikasi yang tersedia di hp. Hal ini menjadi salah satu solusi jika pembelajaran daring tidak dapat dilakukan mengingat akses internet dan keterbatasan kepemilikan hp. Siaran pendidikan yang berisi konten-konten mata pelajaran dapat dibuat oleh guru dengan menggunakan hp. Kemudian guru menyebarkan rekaman tersebut kepada siswa atau orang tua siswa sehingga siswa tetap bisa belajar dirumah. Dengan membuat siaran tv pendidikan melalui hp maka guru akan dengan mudah membuat siaran dimana saja dan kapan saja. Mengunduh aplikasi di hape untuk membuat siaran pendidikan juga dirasa sangat mudah. Layanan tersebut dapat membantu guru dalam pembelajaran jarak jauh.
Program televisi yang biasa kita tonton sebenarnya bisa kita produksi sendiri dengan mudah. Berikut ini aplikasi yang dapat membantu memproduksi program pembelajaran http://humas.upi.edu/upi-tv/. Dengan aplikasi tersebut guru dapat mengakses alamat tersebut untuk dapat memulai program siaran. Semua proses download atau akses nya adalah melalui hp. Memastikan batrey dan memori hape juga harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil video yang sesuai dengan harapan kita. Langkah-langkah yang perlu dilakukan juga sangat mudah untuk di aplikasikan. Set up dan tahapan untuk record video maka hanya perlu kode download yang akan diberikan oleh admin.
Demikian sedikit yang dapat saya sampaikan. Silahkan mencoba akses ke alamat diatas supaya referensi guru dalam memanfaatkan pembelajaran dirumah mendapat ide inspirasi baru. Dengan begitu siswa akan makin semangat belajar.

Komentar

Postingan Populer