CYBER PEDAGOGY DI ERA DIGITAL
CYBER PEDAGOGY DI ERA DIGITAL
Oleh Bp. Syaiful Rahman,S.Pd
Senin, 4 Mei 2020
Bukankah
mudah jika proses pembelajaran dapat diakses dimanapun,kapanpun dan dengan
siapapun?
Inilah
pertanyaan yang saat ini muncul dalam menghadapi pandemi covid 19.
Jawabanya
adalah sangat mudah dan makin mudah dengan dukungan dari semua pihak
Guru
merupakan tonggak sumber informasi namun seiring berjalannya waktu,peran guru
makin tergeser oleh munculnya informasi di internet.
Berikut
adalah kerangka kompetensi abad 21
a. Kehidupan dan karier
-
Fleksibel
dan adaptif
-
Memiliki
inisiatif dan mandiri
-
Ketrampilan
sosial da budaya
-
Produktif
dan akuntabel
-
Kepemimpinan
dan tanggung jawab
b. Pembelajaran dan inovasi
-
Kreatif
dan inovasi
-
Berfikir
kritis menyelesaikan masalah
-
Komunikasi
dan kolaborasi
c. Informasi, media dan teknologi
-
Melek
informasi
-
Melek
media
-
Melek
TIK
Dari
kerangka tersebut menunjukkan bahwa berpengetahuan saja tidak cukup harus
dilengkapi kemampuan kreatif dan kritis, memiliki karakter kuat
(bertanggungjawab,sosial,toleran,produktif dan adaptif serta responsif).
Disamping itu didukung dengan kemampuan memanfaatkan informasi dan komunikasi.
Apakah
yang dimaksud dengan cyber pedagogy?
Jawabanya
adalah
Cyber pedagogy adalah seni atau metode yang
digunakan oleh guru dalam membimbing/mendampingi/mengajar/memfasilitasi siswa
dalam proses belajar mengajar dengan bantuan teknologi informasi.
Dari
sinilah cikal bakal e learning sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan
Teknologi
internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang berlandaskan
3 kriteria:
a. E learning merupakan jaringan dengan
kemampuan untuk memperbarui, menyimpan, mendistribusikan dan membagi materi
ajar atau informasi.
b. Pengiriman sampai kepengguna terakhir
melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar.
c. Fokus pada pandangan yang luas
tentang pembelajaran dibalik paradigma pembelajaran tradisional.
Empat
pilar pembelajaran menghadapi abad-21 yaitu:
-
Learning to know yaitu belajar untuk menguasai
-
Learning to do adalah belajar untuk mengetahui
ketrampilan
-
Learning to be merupakan belajar untuk
mengembangkan
-
Learning live togther ialah belajar untuk hidup
bermasyarakat
Berikut ini peran teknologi dalam memfasilitasi pembelajaran:
1. Teknologi sebagai sumber belajar,
bahan belajar dapat diperoleh darimana saja dengan dukungan teknologi internet
dimana sumber belajar bersifat dinamis sebagai referensi dan terbuka untuk
publik, saling terintegrasi serta pembelajaran MOOC( massive open online course) yaitu sistem pembelajaran berupa
belajar online secara besar besaran tidak terbatas partisipan nya dan dapat
diakses melalui web yang makin mendistrupsi dunia pendidikan.
2. Teknologi sebagai media
3. Teknologi sebagai alat peraga
pembelajaran
4. Teknologi sebagai pendukung
administrasi pembelajaran
Bukankah percuma jika kita memberikan tugas atau soal yang
jawabannya ada di internet?
Kemudian siswa tinggal copas jawaban,wah tentunya justru
tingkat berfikir siswa pasti tidak berkembang karena hanya mengandalkan
informasi dari Internet.
Berikut ini adalah strategi dalam penerapan cyber pedagogy pada pembelajaran:
a.
Berilah
tugas atau soal yang secara exsplisit jawabannya tidak ada diinternet
b.
Lakukan
personality konteks belajar latihan soal sebagai tugas
c.
Lakukan
diskusi berbasis konten yang membutuhkan berselancar di internet (membuat blog,
membuat games menarik dll)
d.
Kebangkan
kondisi yang menggugah berfikir kritis dan memicu diskusi
e.
Buatlah
skenario penuh kejutan secara random
f.
Pakailah
berbagai games untuk evaluasi formatif (quiziz,socrative
dll)
g.
Ajaklah
peserta didik untuk berinteraksi dengan ragam sumber belajar lainnya
Kesimpulan
Dari paparan diatas dapat kita tarik kesimpulan yaitu, cyber pedagogy harus berpihak kepada
peserta didik. Mudah dan nyaman dapat diakses 24 jam oleh guru maupun peserta
didik. Dapat dikerjakan atau dilakukan kapanpun, dimanapun dan dengan siapapun.
Dimana pembelajaran yang sebenarnya adalah keadilan dan dapat dinikmati oleh
semua peserta didik.
kita TERSENYUM saat kehidupan lancar itu biasa...tetapi masih bisa TERSENYUM saat kehidupan berjalan tidak menyenangkan itu luar biasa
BalasHapusNama:indra prasetyo
BalasHapusKelas:XI tkr 6
Pademi corona yang sedang terjadi didunia ini memberikan kekhawatiran dan kecemasan tersendiri akan hari esok. Namun, rasa cemas disinyalir dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat meningkatkan risiko terinfeksi virus corona
Untuk meredam kekhawatiran, anda dapat memberikan berbagai bentuk dukungan kepada orang orang terkedat seperti keluarga
Selanjutnya ditengah tengah pademi corona adalah sebarkan keyakinan.Dengan keyakinan apapun akan dapat dihadapi oleh seluruh umat manusia didunia ini.
Dan jangan lupa tetap berpikir yang positif. Dengan pikiran positif kondisi yang ada pada saat ini dapat menjadi sesuatu yang bernilai positif bagi anda dan orang terdekat anda dan harapan serta doa adalah satu satunya hal yang menjadi kekuatan manusian diseluruh dunia pada saat ini.