MENULIS DI MEDIA CETAK

MENULIS DI MEDIA CETAK
Oleh. Dra. Rahmi Wilandari,M.Pd


Rabu, 13 Mei 2020




Menulis setiap hari,dengan membuat garis besar dari setiap peristiwa yang kita ihat atau kita dengan bahkan kita alami. Membiasakan menulis,dan mengalahkan kemalasan yang dimiliki untuk lebih produktif dalam menghasilkan produk pembelajaran yang positif. Menulis apapun,dari hal-hal kecil maupun hal besar. Akan mudah kita gali kembali pengalaman dan pesan moral apa yang dapat kita petik dari sebuah pengalaman. Tentunya dengan tulisan itu,dapat juga memberikan motivasi bagi orang lain untuk berbagi pengalaman seperti yang penulis lakukan. Jika telah terbiasa dengan menulis makan kita akan kehilangan waktu jika tidak menulis. Meluangkan waktu untuk berbagi pengalaman yang kita alami akan menjadi hal yang paling menyenangkan. Awali dengan menulis maka kita akan meninggalkan sejarah yang baik kelak akan dapat dibaca kembali oleh generasi berikutnya.
Disini nara sumber memaparkan cara menulis karya ilmiah maupun peneliatian tindakan kelas. PTK adalah suatu penilaian tindakan kelas atas problem yang terjadi ketika guru megajar dikelas. Misalnya materi yang diajarkan sulit diterima oleh siswa atau metode pembelajarannya yang belum tepat hingga masalah-masalah lain yang dapat timbul saat proses pembelajaran. Peserta didik yang tidak bersemangat ketika kita menyampaikan materi uga dapat dijadikan alasan utama untuk melakukan peneliatian tindakan kelas. Tujuan dari Pembuatan PTK ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. PTK yang kita buat dapat berasal dari RPP yang sudah kita kembangkan dan kita ajarkan kepada siswa kita. Penelitian PTK biasanya menggunakan siklus-sikulus yang akan membuktikan bahwa memang benar permasalahan dalam pembelajaran dapat diatasi dengan cara yang kita temukan. Efektifitas dsri metode yng kita gunakan juga harus menghasilkan perbaikan signifikan.
 Diawali dengan mengambil masalah nyata yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan tupoksi
•         Untuk guru masalah yang dipecahkan masalah siswanya
•         Dapat tentang proses pembelajaran maupun tentang hasil belajar
•         Proses pembelajaran, misal: keberanian bertanya, keberanian menjawab pertanyaan, keaktifan dalam pembelajaran, kreativitas belajar, motivasi belajar, dsb
•         Hasil belajar: kemampuan menulis…, keterampilan …., kompetensi…, prestasi lompat tinggi, hasil belajar…, dsb
•         Masalah yang dipecahkan dapat satu masalah atau lebih
         Ciri masalah mengandung variabel
•         Variabel: sesuatu yang dapat berubah-ubah
•         Variabel masalah siswa yang akan dipecahkan merupakan variabel masalah/variabel terikat (umumnya disimbolkan Y)
•         Masalah yang dihadapi siswa perlu dipecahkan guru melalui tindakan
•         Variabel tindakan guru umumnya dikatakan variabel bebas/ variabel tindakan ( disimbolkan X)
•         Variabel tindakan guru, dapat berupa: tindakan dalam pembelajaran seperti: penggunaan pendekatan, strategi, model, metode, teknik, media, alat peraga.
         Tindakan guru dapat satu tindakan atau lebih

Demikian sedikit tulisan terkait PTK,semoga bermanfaat buat pembaca!

Komentar

Postingan Populer