MENULIS DI MEDIA CETAK
MENULIS DI MEDIA CETAK
Oleh. Dra. Rahmi Wilandari,M.Pd
Rabu, 13 Mei 2020
Menulis setiap hari,dengan membuat garis besar dari
setiap peristiwa yang kita ihat atau kita dengan bahkan kita alami. Membiasakan
menulis,dan mengalahkan kemalasan yang dimiliki untuk lebih produktif dalam
menghasilkan produk pembelajaran yang positif. Menulis apapun,dari hal-hal
kecil maupun hal besar. Akan mudah kita gali kembali pengalaman dan pesan moral
apa yang dapat kita petik dari sebuah pengalaman. Tentunya dengan tulisan
itu,dapat juga memberikan motivasi bagi orang lain untuk berbagi pengalaman
seperti yang penulis lakukan. Jika telah terbiasa dengan menulis makan kita
akan kehilangan waktu jika tidak menulis. Meluangkan waktu untuk berbagi pengalaman
yang kita alami akan menjadi hal yang paling menyenangkan. Awali dengan menulis
maka kita akan meninggalkan sejarah yang baik kelak akan dapat dibaca kembali
oleh generasi berikutnya.
Disini nara sumber memaparkan cara menulis karya
ilmiah maupun peneliatian tindakan kelas. PTK adalah suatu penilaian tindakan
kelas atas problem yang terjadi ketika guru megajar dikelas. Misalnya materi
yang diajarkan sulit diterima oleh siswa atau metode pembelajarannya yang belum
tepat hingga masalah-masalah lain yang dapat timbul saat proses pembelajaran. Peserta
didik yang tidak bersemangat ketika kita menyampaikan materi uga dapat
dijadikan alasan utama untuk melakukan peneliatian tindakan kelas. Tujuan dari
Pembuatan PTK ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. PTK yang
kita buat dapat berasal dari RPP yang sudah kita kembangkan dan kita ajarkan
kepada siswa kita. Penelitian PTK biasanya menggunakan siklus-sikulus yang akan
membuktikan bahwa memang benar permasalahan dalam pembelajaran dapat diatasi
dengan cara yang kita temukan. Efektifitas dsri metode yng kita gunakan juga
harus menghasilkan perbaikan signifikan.
Diawali dengan mengambil
masalah nyata yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan tupoksi
• Untuk guru masalah yang dipecahkan masalah
siswanya
• Dapat tentang proses pembelajaran maupun
tentang hasil belajar
• Proses pembelajaran, misal: keberanian
bertanya, keberanian menjawab pertanyaan, keaktifan dalam pembelajaran,
kreativitas belajar, motivasi belajar, dsb
• Hasil belajar: kemampuan menulis…,
keterampilan …., kompetensi…, prestasi lompat tinggi, hasil belajar…, dsb
• Masalah yang dipecahkan dapat satu masalah
atau lebih
• Ciri masalah mengandung variabel
• Variabel: sesuatu yang dapat berubah-ubah
• Variabel masalah siswa yang akan dipecahkan
merupakan variabel masalah/variabel terikat (umumnya disimbolkan Y)
• Masalah yang dihadapi siswa perlu dipecahkan
guru melalui tindakan
• Variabel tindakan guru umumnya dikatakan
variabel bebas/ variabel tindakan ( disimbolkan X)
• Variabel tindakan guru, dapat berupa:
tindakan dalam pembelajaran seperti: penggunaan pendekatan, strategi, model,
metode, teknik, media, alat peraga.
• Tindakan guru dapat satu tindakan atau lebih
Demikian sedikit tulisan terkait PTK,semoga
bermanfaat buat pembaca!
Komentar
Posting Komentar