MENCIPTAKAN POLA BELAJAR EFEKTIF DARI RUMAH

MENCIPTAKAN POLA BELAJAR EFEKTIF DARI RUMAH

Oleh: Dwi Mulyanti, S.TP
SMKN 1 Kademangan

Merdeka Belajar

Ternyata sangat luar biasa tatangan di era saat ini berada dalam kondisi Covid 19. 
Bagi yang menikmati dan memiliki komitmen dimanapun kapanpun dengan siapapun maka akan mudah belajar. Guru dan siswa yang terbiasa tatap muka sekarang beralih menggunakan moda daring. Namun kendala tetap ada mulai dari belum memadainya sinyal internet dipelosok dan juga tingkat ekonomi masyarakat yang masih rendah. 
Memanfaatkan waktu luang untuk berinovasi dalam menciptakan kondisi yang positif. Memberikan ruang kepada diri sendiri untuk memanfaatkan waktu adalah salah satu kegiatan positif yang bersifat pengembangan diri. 
Bersyukur bahwa siswa sekarang ini yang notabene adalah gen Y yang melek IT kritis dalam berfikir dan bertindak. Memberikan motivasi kepada siswa adalah salah satu tugas kita sebagai guru. Agar pendidikan tetap berjalan selama pandemi Covid 19. Komuikasi yang intens dengan siswa melalui grup WA merupakan salah satu langkah meningkatkan pola pembelajaran dirumah yang efektif. Serta komitmen kita untuk ikut meningkatkan pembelajaran selama pandemi Covid 19
Dengan demikian kita bisa memanfaatkan aplikasi yang mudah diakses oleh siswa dimanapun dan kapanpun salah satunya adalah dengan saya membuat soal UTS di google form berikut.
dengan adanya WA grup kelas mempermudah saya share link Soal UTS di kelas yang saya ampu.


Selain itu kita tidak perlu repot untuk penilaian manual yang harus bertemu siswa untuk mengumpulkan portofolio tugas mereka. Hal ini sebagai salah satu dukungan untuk psycal distancing selama covid 19. Sebagai pendidik dituntut untuk bereaksi cepat atas kondisi seperti saat ini. Mulai dengan mempelajari aplikasi yang tidak membebani siswa. 

Nah selain aplikasi Google Form diatas saya memanfaatkan WA grup kelas sebagai wadah untuk komunikasi dengan siswa. Sehingga proses pembelajaran tetap berlangsung selama belajar dari rumah (BDR). Aplikasi WA ini sudah umum dimiliki oleh siswa dalam mengaskes informasi lain yang ada di grup kelas. Seperti tugas dari bapak ibu guru atau juga informasi penting dari Wali kelas.

Selain google form dan WA memanfaatkan Google Classroom yang tentunya sudah familiar. Sering digunakan oleh Guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Karena terkadang waktu yang telah kita tuangkan dalam RPP kita belum bisa mencapai maksimal dalam pelaksanaannya. Dapat dikatakan bahwa dengan aplikasi ini kita sebagai guru juga akan lebih mudah mengatur waktu pembelajaran dirumah. Berikut adalah applikasi yang Google Classroom. Siswa dapat membuka dengan cara memasukkan Kode Kelas yang ada dan Guru dapat membagikan melalui WA grup Kelas. Selain itu guru dengan mudah mengoreksi hasil pekerjaan siswa dan memberikan nilai atau merekap nilai siswa yang telah mengerjakan tugas. 
Selain materi, artikel dan soal kita juga dapat memberikan games ringan yang menarik bagi siswa. Dalam games sederhana tersebut dapat diselipkan pertanyaan dari materi-materi yang telah kita sampaikan melalui aplikasi goole classroom. Aplikasi games sederhana saya menggunakan quizizz. Dimana kita bisa mengatur waktu permainan yang akan di serahkan kepada siswa.

Tentunya masih banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk proses bembelajaran dirumah. Agar supaya siswa tidak bosan dan pembelajaran tidak monoton. Sehingga kompetensi tetap dapat berjalan sesuai dengan yang telah ditentukan. Karena diharapkan siswa dan Guru berkolaborasi dlam peningkatan prestasi peserta didik. Selain prestasi diharapkan dengan pembelajaran daring ini siswa mendapatkan pengetahuan baru dan pengalaman yang nanti akan bermanfaat bagi dirinya.
Memanfaatkan waktu agar lebih efektif dan mendorong siswa untuk terus meningkatkan kompetensinya selama dirumah.
Bapak Ibu dan Pembaca yang budiman,demikian sedikit tips dari saya untuk mengembangkan pola dan menciptakan pola belajar efektif di rumah selama pandemi covid 19 ini.

Tetap Semangat
Majukan Pendidikan Indonesia
Hidup PGRI
Majulah PGRI









Komentar

Postingan Populer