MOTIVASI MENULIS BUKU DAN BERPRESTASI


                                MOTIVASI MENULIS BUKU DAN BERPRESTASI
Oleh. Dr. IMRON ROSIDI

Kamis , 7 Mei 2020




Menulis merupakan ungkapan dari apa yang dilihat,dirasakan dan di dengar. Apa yang kita ungkapkan akan hilang begitu saja tidak ada bukti dan gambaran nyata dari sebuah pengalaman. Dengan menulis kita ubah mind set bahwa semua bisa dicatat menjadi sebuah sejarah yang kapanpun dapat dibaca kembali. Generasi mendatang akan mendapatkan pengalaman baru dari tulisan. Menulis kemudian membukukan memang hal yang masih sulit bagi pemula. Namun apakah kita aakan tetap menjadi pemula dan tidak ingin meningkatkan kemampuan kita menulis? Tentu tidak kan, harus meningkat step by step
Kunci dari peningkatan kompetensi dalam menulis adalah memotivasi diri sendiri bukan dari orang lain.




Berawal dari kemauan dalam menulis maka akan dapat diperoleh hasil yang baik. Tekun adalah sikap yang diperlukan oleh seorang penulis disinilah letak pantang menyerah. Tidak mudah dikalahkan oleh hasil yang belum sesuai dengan keinginan pembaca. Maka yang diperlukan adalah tidak mudah menyerah dan terus mencoba sampai akhirnya kita menemukan kelemahan menulis bagi pemula. Selanjutnya adalah nekat atau niat yang kuat dalam diri seorang penulis. Niat utama dari menulis juga harus di tanamkan dalam diri seorang penulis.  Dan yang terakhir adalah literasi yang konsisten. Membaca apapun yang terkait dengan tulisan dan info pendukung. 

Mempelajari materi atau naskah yang paling di minati oleh pembaca. dengan  demikian naskah yang disusun akan di pertimbangkan oleh penerbit. Selalu update informasi buku-buku apa saja yang diperlukan terutama didunia pendidikan. Tidak hanya buku pendidikan tapi dapat berupa buku untuk umum atau yang lain. Buku pengetahuan lah yang dapat disediakan untuk diberikan kepada siswa selama pandemi covid 19 ini. Memberikan kemudahan bagi peserta didik dan tetap dapat belajar dirumah. Buku yang kita buat dapat kita publish menjadi buku elektronik maupun buku cetak. 
Tulisan merupakan huruf-huruf yang berbicara,mudah dipahami dan dapat diulang lagi. Tidak perlu takut jejak nya akan hilang dan bahkan akan terekam jelas dengan tulisan. Tahap- demi tahap dalam menyusun sebuah tulisan harus kita dalami. Memang tidak perlu tergesa-gesa karena menulis membutuhkan mood yang baik dalam melahirkan 1 buku. Semakin banyak daftar pustaka maka akan memperkuat tulisan atau hasil naskah yang disusun. Disini pengorbanan dari seorang penulis yaitu waktu. Meluangkan waktu dan memanajemen waktu sangat penting dalam memulai menuliss. Membiasakan diri menulis,menyempatkan menulis disela-sela kesibukan merupakan pengorbanan yang sangat luar biasa. Banyak berdiskusi dengan teman serta dengan siapapun yang akan memberikan kritik dan saran untuk naskah yang disusun. Mengumpulkan materi pendukung dan mendatangi tempat-tempat yang akan membangun inspirasi dalam menulis juga sangat penting.

Sebagai pendidik dapat mengawali dengan menulis dan menyusun soal-soal mata pelajaran. Kemudian menulis tentang rangkuman atau pengembangan materi yang akan diajarkan ke peserta didik. Kumpulan soal dan pembahasan yang disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami akan sangat menarik peserta didik untuk membaca. Memberikan alternatif dan bisa berupa kalimat yang tidak monoton menjadi bekal tulisan akan diminati peserta didik. Dalam hal ini,peserta didik akan terbantu dengan kumpulan soal dan pembahasannya. Kemudian pengembangan materi yang akan diajarkan ke pserta didik juha harus didukung pustaka yang relevan. Dengan demikian ilmu yang kita sampaikan akan mengena di benak siswa. Melihat karakter siswa yang berbeda – beda ditiap jenjang adalah salah satu cara untuk menentukan sasaran buku atau tulisan yang dibuat. 
Jejak kita akan terekam dengan tulisan,dapat dibaca kembali bahkan dapat mempengaruhi pembaca intuk berimajinasi kembali kemasa dimana kita menulis. Menorehkan pelangi dilangit bukan tugas manusia,tugas kita hanya menterjemahkan keindahan pelangi melalui tulisan sebagai tanda bersyukur kepada Allah SWT

Semoga tulisan diatas memotivasi kita untuk ters maju
Menulis disela-sela kesibukan
Memanajemen waktu dengan baik

Komentar

Postingan Populer