PROSES MENERBITKAN BUKU AJAR


TUGAS RESUME PERT 9
PROSES MENERBITKAN BUKU AJAR
Oleh. JOKO IRAWAN MUMPUNI

 Jumat , 8 Mei 2020


Guru
Pendidik
Tak kenal lelah
Dengan komitmen mencerdaskan anak bangsa
Terus menggali potensi diri dan masing-masing siswa dalam membuka gerbang masa depan yang lebih baik. Tepat kiranya guru menyandang status Pahlawan. Tidak hanya guru,dosen semua orang yang mendedikasikan dirinya untuk kemajuan pendidikan baik umum maupun agama juga disebut guru.
Terakhir membaca buku kapan ya?masing ingat apa tidak judul buku dan nama pengarangnya siapa?
Masak sih sedikitpun tidak terinspirasi?

Saat ini banyak sekali tulisan dan buku yang menjadi motivasi kita bersama. Inspirasi yang terus mengalir dari sebuah buku menjadikan pembaca mengambil sisi positif dari sebuah cerita. Mengenali diri sendiri,bagaimana tujuan menulis dan menjadikan menulis adalah sebuah hobi yang sangat luar biasa. Merekam hal-hal yang ada disekitar kita menjadi sebuah buku. Tak lekang oleh waktu,buku yang berisi tulisan kita akan dicari dan bisa menjadi motivasi orang lain. Jejak tulisan seolah mampu menggali kembali hal nyata yang ada disebuah cerita didalamnya. Dimana kita sekarang,sampai mana jejak kita dalam menulis. Apakah masih sebatas niat, ataukah masih ragu dengan kemampuan menulis kita? Pasti banyak tahapan yang akan kita lalui untuk meraba-raba dimana posisi kita saat ini. Memotivasi diri sendiri,membentuk komitmen.


Tidak mudah memulai nya memang,asalkan awali dengan niat tulus dan bismillahhirokhmanirrokhim jadilah niat itu dengan sebuah ikhtiar yang baik. Pelan-pelan menulis biarpun 1 kalimat. Jika komentar ada di facebook 2 tahun saja itu jika dibuku kan mungkin menghasilkan 100 lembar. Belum lagi status atau komentar kita di grup Whatsapp jika diakumulasikan maka mungkin akan jauh lebih banyak lagi. Bisa menjadi berratus-ratus lembar tulisan kita. Kenapa tidak mulai membiasakan diri menulis. Toh sama saja bukan,menulis di sosial media dengan menulis buku tujuannya adalah agar dibaca orang lain. Dan kemudian jadilah sebuah buku yang menginspirasi banyak orang. Banyak penulis-penulis dengan segenap pengorbanan nya akhirnya sukses menjadi penulis buku yang paling ditunggu pembaca. Bahkan penerbit pun akan setia menunggu hasil-hasil tulisan dari seorang pengarang buku. Semua memerlukan proses yang panjang,dimana prosesnya harus kita nikmati sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT.

Gambaran slema diatas adalah perputaran ekosistem penerbitan sebuah buku. Terus berputar seiring berjalannya waktu. Dari penulis sebuah naskah dapat diterbitkan oleh penerbit melalui proses seleksi dan editing. Setelah buku tercetak rapi,maka buku siap di serahkan ke penyalur buku akhirnya sampai ke pembaca. Semudah itukah perjalanan nya,tetntu tidak. Proses terlama adalah membangun keyakinan dan rasa percaya diri seorang penulis dengan naskahnya sendiri. Bisa ditolak karena tidak sesuai dengan syarat dari penerbit. Liku-likunya sangat luar biasa. Dan yakinlah jika kita mampu melewatinya pasti penerbit akan tertarik dengan tulisan kita.
Identifikasi dan kenali naskah yang layak diterbitkan. Susun naskah yang sesuai dengan syarat penerbit. Maka dengan begitu naskah yang disusun akan pantas masuk dapur penerbit. Hanya 1 hal yang diinginkan penerbit, yaitu tulisan yang populer dan ditulis oleh penulis yang populer. Bagaimana menjadi penulis populer tidak ada salahnya kita banyak membaca tulisan atau buku-buku yang di tulis oleh penulis yang populer sapaya menjadi motivasi yang berharga buat penulis pemula. Menimba ilmu yang secara tidak langsung akan memberikan pengalaman-pengalaman baru buat penulis.






Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer