POLA BELAJAR EFEKTIF


MENCIPTAKAN POLA BELAJAR EFEKTIF DARI RUMAH



SENIN, 18 MEI 2020





Salam berkarya bagi insan pendidikan Indonesia
Pada kesempatan kali ini,saya akan memaparkan sedikit ringkasan dari pencerahan yang disampaikan oleh Omjay. Menciptakan pola belajar yang efektif dari rumah. Kata efektif memiliki makna yaitu usaha guna mendapatkan tujuan, hasil dan target yang diharapkan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. tanpa memperdulikan biaya yang harus dikeluarkan. Dalam arti luas efektif ini adalah berhubungan dengan penjadwalan, perencanaan dan pengeksekusian keputusan yang tepat. Tepat dalam arti yang sesuai sasaran dan diharapkan tidak meleset dari perencanaan,penjadwalan dan keputusan yang dibuat.
Pembelajaran jarak jauh tentunya harus menyenangkan semua pihak terutama adalah siswa. Siswa tidak merasa bosan karena pasti semua mata pelajaran akan diajarkan secara online/daring. Dengan pola pembelajaran efektif ini diharapkan guru juga memiliki prinsip follow up dengan tugas atau konten yang dibagikan ke siswa. Akses internet sangat perbengaruh dalam hal ini. Berbagai provider menawarkan kemudahan dan biaya yang bervariasi di tengah dampak Covid 19 ini. Memanfaatkan dan memilih provider yang tepat akan dapat membantu prose pembelajaran jarah jauh. Selain akses internet, pembelajaran daring ini juga memerluka applikasi yang mampu mewadahi segala kegiatan pembelajaran online. Applikasi yang mudah dan familiar bagi siswa,orang tua dan guru menjadi bagian terlaksananya pembelajaran jarak jauh yang efektif.


Trik dan strategi dalam pembelajaran jarak jauh ini juga tidk dapat disepelekan.
Anak-anak akan merasa bosan di rumah jika proses pembelajarannya monoton dan kurang menyenangkan. Olej karena itu sebaiknya guru juga berperan sebagai fasilitator untuk makin memotivasi siswa mengembangkan kreatifitasnya juga. Misalnya dengan memotivasi siswa dalam berkarya di blog pribadi mereka. Sekedar menuliskan pengalaman atau kejadian yang dianggap penting oleh siswa di blog mereka. Memberikan apresiasi kepada siswa seperti reward akan memotivasi siswa makin meningkatkan kreatifitas mereka. Melatih menulis kemudian membantu meningkatkan percaya diri siswa dalam menulis juga akan mendorong siswa memiliki komitmen dalam menulis.
Selain memberikan dorongan dan melatih menulis, guru juga harus mampu memetakan kondisi kelas yang diampu. Dengan mengenali kondisi dan karakter siswa maka guru akan mudah menggunakan pola pembelajaran yang tepat bagi siswa. Guru juga akan terbantu dengan peta kelas supaya tidak salah dalam memilih metode pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa. Membuat jadwal pembelajaran yang terinci disetiap sesi nya sesuai dengan kelas yang diampu akan memudahkan guru dalam pelaksanaannya. Mengevaluasi jadwal dengan hasil yang diperoleh selama perjalanan pembelajaran juga sangat penting. Dimana pola dan metode yang tepat bagi siswa akan di lanjutkan atau perlu pembenahan.


Dengan adanya pembelajaran jarak jauh diharapkan kemerdekaan belajar tercapai. Belajar kapan saja, dimana saja, kapan saja dan dengan metode apa saja akan memberikan dampak positif bagi guru,siswa dan orang tua serta lingkungan disekitarnya. Memanfaatkan sumber belajar dan applikasi yang ada akan makin meningkatkan motivasi belajar bagi siswa. Dengan demikian dunia pendidikan akan masuk ke babak baru yaitu modernisasi dan ICT yang lebih baik bagi Indonesia
Salam belajar

Komentar

Postingan Populer