POLA BELAJAR EFEKTIF
MENCIPTAKAN
POLA BELAJAR EFEKTIF DARI RUMAH
SENIN, 18 MEI 2020
Salam berkarya bagi insan pendidikan Indonesia
Pada kesempatan kali ini,saya akan memaparkan sedikit
ringkasan dari pencerahan yang disampaikan oleh Omjay. Menciptakan pola belajar
yang efektif dari rumah. Kata efektif memiliki makna yaitu usaha guna mendapatkan tujuan, hasil dan target yang
diharapkan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. tanpa memperdulikan biaya
yang harus dikeluarkan. Dalam arti luas efektif ini adalah berhubungan
dengan penjadwalan, perencanaan dan pengeksekusian keputusan yang tepat. Tepat dalam
arti yang sesuai sasaran dan diharapkan tidak meleset dari
perencanaan,penjadwalan dan keputusan yang dibuat.
Pembelajaran jarak jauh tentunya harus menyenangkan semua pihak
terutama adalah siswa. Siswa tidak merasa bosan karena pasti semua mata
pelajaran akan diajarkan secara online/daring. Dengan pola pembelajaran efektif
ini diharapkan guru juga memiliki prinsip follow up dengan tugas atau konten
yang dibagikan ke siswa. Akses internet sangat perbengaruh dalam hal ini. Berbagai
provider menawarkan kemudahan dan biaya yang bervariasi di tengah dampak Covid
19 ini. Memanfaatkan dan memilih provider yang tepat akan dapat membantu prose
pembelajaran jarah jauh. Selain akses internet, pembelajaran daring ini juga
memerluka applikasi yang mampu mewadahi segala kegiatan pembelajaran online. Applikasi
yang mudah dan familiar bagi siswa,orang tua dan guru menjadi bagian
terlaksananya pembelajaran jarak jauh yang efektif.
Trik dan strategi dalam pembelajaran jarak jauh ini juga tidk dapat
disepelekan.
Anak-anak akan merasa bosan di rumah jika proses pembelajarannya
monoton dan kurang menyenangkan. Olej karena itu sebaiknya guru juga berperan
sebagai fasilitator untuk makin memotivasi siswa mengembangkan kreatifitasnya
juga. Misalnya dengan memotivasi siswa dalam berkarya di blog pribadi mereka. Sekedar
menuliskan pengalaman atau kejadian yang dianggap penting oleh siswa di blog
mereka. Memberikan apresiasi kepada siswa seperti reward akan memotivasi siswa
makin meningkatkan kreatifitas mereka. Melatih menulis kemudian membantu
meningkatkan percaya diri siswa dalam menulis juga akan mendorong siswa
memiliki komitmen dalam menulis.
Selain memberikan dorongan dan melatih menulis, guru juga harus mampu
memetakan kondisi kelas yang diampu. Dengan mengenali kondisi dan karakter
siswa maka guru akan mudah menggunakan pola pembelajaran yang tepat bagi siswa.
Guru juga akan terbantu dengan peta kelas supaya tidak salah dalam memilih
metode pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa. Membuat jadwal
pembelajaran yang terinci disetiap sesi nya sesuai dengan kelas yang diampu
akan memudahkan guru dalam pelaksanaannya. Mengevaluasi jadwal dengan hasil
yang diperoleh selama perjalanan pembelajaran juga sangat penting. Dimana pola
dan metode yang tepat bagi siswa akan di lanjutkan atau perlu pembenahan.
Dengan adanya pembelajaran jarak jauh diharapkan kemerdekaan belajar
tercapai. Belajar kapan saja, dimana saja, kapan saja dan dengan metode apa
saja akan memberikan dampak positif bagi guru,siswa dan orang tua serta
lingkungan disekitarnya. Memanfaatkan sumber belajar dan applikasi yang ada
akan makin meningkatkan motivasi belajar bagi siswa. Dengan demikian dunia
pendidikan akan masuk ke babak baru yaitu modernisasi dan ICT yang lebih baik
bagi Indonesia
Salam belajar
Komentar
Posting Komentar