PENGALAMAN INOBEL

BERBAGI PENGALAMAN MENGENAI INOVASI
PEMBELAJARAN DI AJANG NASIONAL
Oleh. Arif Darmadiansah
        

Selasa, 12 Mei 2020


Inovasi pembelajaran bagi seorang guru wajib hukumnya. Hal-hal kecil yang mendukung pengembangan pembelajaran agar lebih mudah,efektif dan efisien sangat diperlukan. Tuntutan kompetensi siswa juga didukung oleh kretifitas tanpa batas. Inovasi merupakan penemuan hal baru yang belum pernah dilakukan atau ditemukan oleh orang lain. Penemuan ini harus bersifat dukungan yang positif terhadap kemajuan pendidikan yang saat ini perlu perhatian khusus. Perkembangan kemajuan pendidikan dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah teknologi tepat guna. Informasi dan teknologi juga sangat mempengaruhi terselenggaranya sebuah proses pendidikan yang modern. Perkembangan informasi teknologi yang tidak sejalan dengan pemahaman penggunaannya akan mengakibatkan hasil menyimpang. Pengunaan teknologi yang tidak bijak justru akan menjerumuskan peserta didik ke hal negatif. Seperti tindak kejahatan dan asusila.
Dalam mengikuti lomba sebuah inovasi pembelajaran,kita harus tau tujuan dari inovasi yang kita buat untuk apa,dan siapa. Dapat berupa penemuan strategi pembelajaran yang baru atau penemuan metode dan sumber belajar yang terkini. Namun semua kembali kepada tujuan yang sebenarnya yaitu untuk kemajuan pendidikan. Memahami dan menerapkan langkah-langkah yang sesuai denga syarat yang ditentukan oleh panitia lomba inovasi pemebelajaran juga ssangat penting. Kita harus melakukan riset atau penelitian mengenai produk inovasi yang akan kita ciptakan. Kemudian melakukan uji coba dan mencari sumber pustaka yang relevan untuk mendukung inovasi pembelajaran yang akan kita ikutkan lomba.

Tentunya jika kita membuat inovasi pembelajaran harus mengetaui tujuan dan karakter dari sasaran yang kita tuju. Penemuan atau inovasi untuk peserta didik misalnya, harus mengedepankan pola yang nanti membantu dan memudahkan pembelajaran oleh peserta didik. Kerangka pemikiran kita terhadap penemuan yang kita buat adalah semacan deskripsi dari rantai kegiatan yang akan dilakukan. Inovasi pembelajaran dapat berupa karya ilmiah atau apa saja. Tentunya inovasi pembelajaran yang kita buat harus mampu meningkatkan minat,bakat bahkan prestasi peserta didik. Makin memacu minat belajar,mengurangi kebosanan siswa dengan embelajaran yang monoton dan kurang berkualitas. dengan demikian pembelajaran akan dapat lebih efektif dan siswa mampu meningkatkan kompetensinya dengan baik.
Inovasi dapat berupa penemuan untuk mendukung materi yang sulit dan mungkin materi yang paling tidak disukai oleh siswa. Dengan inovasi itu maka siswa akan makin bersemangat untuk belajar. Bagi guru inovasi pembelajaran dapat digunakan untuk sarana perlombaan dengan dujuan hasil dari inovasi tersebut dapat digunakan atau diterapkan oleh orang lain. Dengan demikian pengembangan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Komentar

Postingan Populer