GURU GAPTEK PERLUKAH TAKUT


GURU GAPTEK PERLUKAH TAKUT


Senin, 4 Mei 2020

Oleh Bu Wilujeng Jatiningsih,S.Kom.M.T



Di era saat ini guru di tuntut untuk menguasai IT. Hal ini seiring dengan makin maju dan berkembangnya sumber informasi teknologi yang  menggerus budaya. Saat ini Guru bukanlah sumber ilmu satu satunya.  Karena informasi sudah dapat diakses dengan mudah oleh siswa melalui internet. Jika sebelumnya guru sebagai sumber informasi maka di era pendidikan 4.O ini guru berperan sebagai fasilitator, coaching, mitra atau teman bagi siswa. Serta proses pembelajaran tidak lagi guru sebagai pusat belajar namun menjadi terpusat kepada siswa.
Tanpa disadari budaya masyarakat yang menjadikan gadget sebagai alat untuk menjadi pegangan anak-anak dirumah. Tanpa pendampingan dan peran orang tua maka penyalahgunaan gadget makin mengarah ke hal negatif. Penggunaan gadget atau smart phone dimulai dari usia dini,sehingga siswa saat ini telah memiliki kemampuan mencari informasi di internet dengan mudah. Inilah posisi Gen Z  saat ini yang kemudian guru menjadi justru makin ketinggalan dibelakang tentang informasi teknologi.
Melalui diklat dan seminar penggunaan IT diharapka guru makin terdepan dalam memperoleh informasi dan mengaplikasikan dala proses pembelajaran. Peran guru sebagai fasilitator dipaksa untuk belajar memanfaatkan teknologi informasi dan akhirnya menjadi terpaksa untuk berusaha bisa menggunakan teknologi dan akhirnya terbiasa. Karena belajar IT itu sangat mudah,hanya perlu niat dan komitmen dari masing-masing individu. Asalkan memiliki kemauan keras mengalahkan diri sendiri yang memiliki sifat malas lah motivasi terbesar dalam pengembangan teknologi informasi. Mengikuti trend penggunaan aplikasi yang bermanfaat dan mempermudah akse pembelajaran ditengah-tengah covid 19. Tahapan belajar IT yaitu berani mencoba, mau berdiskusi dengan teman sejawat dan tidak malu bertanya jika ada kesulitan karena semua tersaji di internet.
Banyak link atau sumber-sumber informasi yang dapat di gunakan selama pembelajaran dirumah. Dimana sumber teknologi ini juga dapat dimanfaatkan setelah pandemi covid 19 juga. Makin meningkatkan kompetensi guru adalah hal positif demi kemajuan proses pembelajaran. Makin mempermudah akses kepada siswa dan orang tua untuk membagikan informasi.

Kesimpulan
Guru hebat adalah guru yang tidak takut dengan perkembangan teknologi informasi. Namun dengan makin berkembangnya teknologi informasi maka guru akan menjadi fasilitator terbaik bagi siswa. Memberikan pendampingan kepada siswa dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sehingga akan meringankan dan memberikan kemudahan bagi kita semua. Takutlah jika kita terbelakang tentang teknologi informasi tapi jangan takut belajarteknologi informasi demi pendidikan yang lebih baik.

Komentar

Postingan Populer