DOKUMENTASI BLOG

MENDOKUMENTASIKAN SEMUA KEGIATAN DI BLOG

RABU, 20 MEI 2020





Blog, tentunya bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi bahkan banyak orang memiliki blog pribadi. Blog sangat membantu seorang penulis untuk mencatatkan segala sesuatu yang dilihat,didengar dan dirasakan melalui sebuah catatan online. Dengan demikian catatan yang di publish oleh penulis akan dapat dibaca oleh orang lain. Jadi pemahaman blog secara sederhana dalah catatan harian yang tersaji secara online. Blog sendiri adalah bagian dari website, sedangkan website itu sendiri adalah sebuah rumah bagi blog. Blog biasanya dimiliki oleh perorangan atau individu. Sedangkan website dimiliki oleh lembaga atau sebuah organisasi dan atau perusahaan penyedia layanan. Berbagai kemudahan dapat diperoleh dari layanan blog ini. Mau pakai Blogger atau Wordpress keduanya dapat membantu penulis untuk menampung catatan harian secara online.
Tulisan dan catatan harian penulis merupakan bagian dari sebuah usaha untuk membagi pengalaman. Menuliskan pengalaman sehari-hari pastinya mudah bukan. Apa yang dilihat,dirasa dan didengar di ceritakan kembali menjadi sebuah naskah tulisan. Dengan fokus pada ide pokok dari apa yang akan ditulis kemudian menentukan alur yang tepat maka tulisan akan mudah dipahami oleh pembaca.  Mendokumentasikan semua kegiatan yang dilakukan atau bahkan hal baru yang di temukan merupakan salah satu ide atau inspirasi dalam menulis. Suara yang didengar saja bisa dijadikan bahan untuk inspirasi menulis. Warna atau hal apa saja dapat dijadikan ide pokok dalam mengembangkan naskah tuisan.
Mengawali menulis hal-hal kecil yang ada disekitar kita akan mampu merangsang rasa percaya diri. Sehingga tumbuh niat dan keinginan untuk menulis secara rutin. Menyempatkan diri menulis disela-sela kesibukan untuk menuangkan ide dan pengalaman. Jangan lupa kita manfaatkan blog kita sebaik mungkin. Diisi dengan tulisan yang bermanfaat dan bisa jadi inspirasi orang lain setelah membaca tulisan yang kita publishh di blog pribadi. Blog akan terus terisi tulisan, bahkan akan dicari oleh banyak orang karena kualitas isi nya. Merawat blog hampir sama dengan merawat tanaman. Disirami tiap hari supaya segar dan tumbuh subur serta bermanfaat.
Mengisi rutin blog pribadi dengan tulisan yang mampu membangkitkan inisiatif pembaca untuk ikut serta merasakan apa yang ditulis oleh penulis. Seperti akan mengulang kembali sejarah yang telah ditulis didalamnya. Cukup mudah bukan cara merawat blog pribadi kita.
Namun jangan hanya menulis saja,dengan membaca blog atau tulisan orang lain maka akan makin terpacu untuk memperoleh ide dan inspirasi baru dalam tulisan kita. Terkadang insprasi justru berasal dari tulisan orang lain. Kemudian dikembangkan menjadi sebuah narasi yang menarik bagi pembaca. Rajin mengunjungi blog orang lain akan menumbuhkan keinginan menulis tanpa batas. Disinilah kemerdekaan menulis akan tercapai.
Nah, demikian sedikit tips dan trik dalam mengisi blog dan merawatnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Komentar

Postingan Populer